SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo bertemu dengan PM Inggris Boris Johnson di sela-sela pelaksanaan G7 di Elmau, Senin (27/6/2022) waktu setempat. (istimewa/Setpres/Laily Rachev)

Solopos.com, JAKARTA — Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatannya di tengah gelombang tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pemerintahannya.

Dilansir Bloomberg pada Kamis (7/7/2022), sumber yang mengetahui rencana ini mengatakan Johnson telah bersikap untuk tetap bertahan dalam 48 jam terakhir, tetapi dia mengakui bahwa dia harus mengundurkan diri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia akan tetap sebagai perdana menteri sementara hingga Oktober 2022. Setelahnya, pemimpin baru dari partai Konservatif baru akan dilantik tepat saat konferensi tahunan partai.

Johnson juga dikabarkan akan memberikan pernyataan resmi pada hari ini. Pada hari Rabu, Johnson tetap bersikeras tetap pada pemerintahan dengan mengatakan dia bermaksud untuk mengisi peran yang kosong.

Baca Juga: Indonesia dan Inggris Sepakat Kerja Sama EBT

Namun tekanan terus berlanjut pada Kamis pagi dan anggota parlemennya meninggalkan pemerintahan, termasuk Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid Javid.

Tekanan untuk mundur bahkan disampaikan oleh Menteri Keuangan yang baru saja diangkat, Nadhim Zahawi. Johnson akhirnya tunduk pada tekanan di dalam pemerintahannya sendiri.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: 7 Juli 2005, Bom Bunuh Diri di London, Inggris

Untuk diketahui, sejumlah skandal telah menghantam Pemerintahan Boris Johnson selama berbulan-bulan.

Johnson sebelumnya dihantam skandal sejumlah pesta yang dilangsungkan saat penguncian ketat Inggris untuk meredam pandemi Covid-19.

Skandal itu pada akhirnya menghasilkan 126 denda, termasuk satu yang dikenakan terhadap Johnson.

Tidak hanya itu, kandidat Konservatif dipukuli habis-habisan dalam dua pemilihan khusus untuk mengisi kursi kosong di Parlemen, menambah ketidakpuasan di dalam partai Johnson.

Baca Juga: BREAKING NEWS LIGA INGGRIS!!! Raheem Sterling Setuju Pindah ke Chelsea

Skandal terbaru Johnson dituding gagal berterus terang tentang seorang anggota parlemen yang diangkat ke posisi senior meskipun ada klaim pelanggaran seksual.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Breaking News: PM Inggris Boris Johnson Mundur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya