SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengaku masih belum bisa melakukan verifikasi polemik surat suara disebut sudah tercoblos di Selangor, Malaysia. Padahal, KPU sudah mengirim Ilham untuk terbang ke Malaysia guna menentukan sikap atas polemik tersebut.

Dia membeberkan ada kendala saat hendak melakukan investigasi di sana. Saat tiba di lokasi ruko itu, mereka tidak mendapatkan akses melakukan pengecekan surat suara yang disebut telah dicoblos itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari mana sebenarnya surat suara itu? Kami tak bisa pastikan, kami tidak dapat akses. Padahal kalau kami dapat akses, kami bisa memastikan untuk mendapatkan. Kami punya alat untuk bisa memastikan surat suara itu benar diproduksi oleh KPU atau bukan,” katanya di Hotel Sultan, Sabtu (13/4/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Pasalnya, pihak Polis Diraja Malaysia (PDRM) tak memberi akses dengan alasan masih dalam tahap penyelidikan mereka. PDRM tetap tidak mengizinkan mereka melalukan pengecekan karena masih penyelidikan meski sudah diminta langsung oleh KPU RI.

Ilham dan tim akhirnya melakukan wawancara kepada para penyelenggara pemilu di Negeri Jiran. “Prinsipnya kami nanti masih akan putuskan. Kami akan bersinergi dengan Bawaslu. Setelah itu, kami akan pleno internal dulu di KPU,” imbuhnya.

Bukan itu saja, dia juga sudah bertemu dengan Duta Besar Indonesia Untuk Malaysia Rusdi Kirana guna mendapat akses menyentuh surat suara. Namun, hal itu tidak membuahkan hasil yang nyata.

“Pak Dubes kami mintai tolong untuk kemudian negosiasi dengan polisi Malaysia supaya bisa akses surat suara itu. Sedang diupayakan, tapi sampai tadi kami pulang, itu belum dapat aksesnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya