SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Untuk kali ke-14, Merti Code 2014 diadakan pada Minggu (15/6/2014). Meski hujan deras mengguyur area Kecamatan Gondokusuman dan Jetis, peserta Merti Code tetap menjalankan tradisi tersebut.

Joko Suryono, Ketua Panitia Merti Code 2014 menyatakan sejak Merti Code diadakan sebanyak 13 kali, baru kali ini diguyur hujan. Dalam pandangannya, Merti Code merupakan sebuah kegiatan adat yang menunjukkan rasa syukur warga atas Sungai Code, yang telah turut mendukung harmoni kehidupan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rangkaian Merti Code diawali dengan bersih-bersih sungai pada 8 Juni 2014 dengan menggelar kegiatan pengumpulan air dari tujuh mata air aliran Sungai Code yang berasal dari wilayah dua sumber mata air di Jetis, yaitu Cokrokusuman dan Gondolayu serta dua sumber mata air di Terban, Gondokusuman serta Turgo.

Berbagai kegiatan sudah disiapkan untuk kegiatan ini termasuk memancing bersama dan kirab mata air serta gunungan. Sementara pada Minggu (15/6/2014) sore diadakan kirab yang diiringi prajurit bergada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya