SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perbaikan Jalan. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Delapan ruas jalan di Kabupaten Karanganyar digelontor anggaran Pemerintah Pusat bersumber dari Instruksi Presiden (Inpres) 2023. Proyek pembangunan jalan tersebut saat ini tengah memasuki proses input data di Kementerian Keuangan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan proyek infrastruktur jalan masih mendominasi program kerja yang akan dikerjakan di tahun anggaran ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain mendapat alokasi anggaran pemerintah pusat, penanganan jalan rusak juga dikerjakan dari pemerintah provinsi dan anggaran daerah. Dari pemerintah pusat, Bupati berhasil melobi untuk penanganan jalan yang anggarannya bersumber dari Inpres 2023.

“Saat ketemu Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Pak Basuki (Menteri PUPR) waktu meninjau jalan tol Solo-Jogja, saya mintakan anggaran untuk perbaikan jalan. Alhamdulillah dapat respons positif dari Inpres,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (30/3/2023).

Pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran Rp80 miliar bersumber dari Inpres tersebut. Di mana anggaran itu banyak difokuskan untuk perbaikan jalan di delapan ruas.

Berikut ini delapan ruas jalan yang akan diperbaiki bersumber dari Inpres 2023:

1. Jalan Tuban-Wonosari.

2. Jalan Wonorejo-Dayu.

3. Jalan Ngangkruk-Jeruksawit.

4. Jalan Wonorejo-Jatikuwung.

5. Jalan Jenawi-Seloromo.

6. Jalan Jambangan-Pendem.

7. Jalan Jumapolo-Karangbangun,.

8. Jalan Dayu-Wonosari.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Jalan Tuban-Wonosari misalnya akan dilebarkan dari kondisi saat ini. Kemudian perbaikan jalan dikerjakan di ruas Ngangkluk-Jeruksawit yang mengalami kerusakan berat. Delapan proyek perbaikan jalan ini akan langsung ditekel langsung oleh pemerintah pusat.

“Gondangrejo diprioritaskan untuk perbaikan jalan. Presiden Jokowi kan besar di sana. Jadi jalannya ya harus bagus lah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya