Ilustrasi seismograf pencatat gempa bumi (Denesen.mk)

Solopos.com, WONOSARI -- Gempa bumi terjadi di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (9/12/2019) pagi. Gempa tersebut berpusat di 126 kilometer barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 10 km.

Dihimpun dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG mengatakan gempa bermagnitudo 5.0 di Gunungkidul terasa hingga wilayah Bantul, Sleman, dan Wates.

Baca Juga: Ribuan Guru Madiun Peringati HUT PGRI dan Hari Guru dengan Jalan Santai

"#Gempa Mag:5, 09/12/2019 10:47:26 (Pusat gempa di laut 126 km Barat Daya Gunung Kidul), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II Bantul, II Sleman, II Wonosari, II Wates, #BMKG," tulis @infoBMKG.

Baca Juga: Hilang dari Day Care, Bocah Balita Ditemukan Tak Bernyawa Tanpa Kepala

Tetapi, gempa bemagnitudo 5.0 ternyata tidak dirasakan oleh Kepala Desa Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul, Jumeno. "Saya tidak merasakan, hanya saja cuma mendapat kabar tadi di grup Whatsapp sekitar pukul 11.00 WIB siang," beber Jumeno yang dikutip dari akun Instagram @gunungkidul_update.

Baca Juga: Hasil & Klasemen Liga Italia Pekan Ke-15: Juve Akhirnya Keok

Senada dengan Jumeno, pengguna akun Instagram @arfreni mengaku sebagai warga Gunungkidul tidak terasa adanya gempa. "Blas ra kroso Min [Sama sekali tidak kerasa Min]."

Berbeda dengan pengguna akun Instagram @greenfantastic_ yang mengaku merasakan gempa bumi saat ia berada di atas kasur. "Ya Allah lagi enak-enak di atas kasur, tiba-tiba kasurnya goyang."

Komentar lain juga muncul dari pengguna akun Instagram @pandu_asmoro21 yang mengaku kepalanya pusing lantaran bingung dengan kondisi di sekitarnya.

"Aku kroso we bingung iki gempa opo sirahku sek mumet yo, hahaha [Aku merasakan tapi bingung ini gempa atau kepalaku yang pusing]," tulis @pandu_asmoro21.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, guncangan Gempa Gunungkidul terasa hingga Kota Solo, Jawa Tengah. Sejumlah pelajar dan komunitas yang mengikuti kegiatan di Balai Tawang Praja yang berlokasi di Lantai V Kompleks Balai Kota Solo merasakan getaran gempa Gunungkidul. Beberapa peserta sempat keluar dari ruangan karena panik.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten