Digitalisasi dan Inovasi Jadikan Bisnis Makin Sehat, Makin Cepat, Makin Dekat

Berkat digitalisasi di masa pandemi sejumlah pelaku usaha mengaku bisnis mereka makin sehat, makin cepat, makin dekat.

 Empat narasumber hadir sebagai narasumber Solopos Virtual Talkshow, Makin Sehat, Makin Cepat, Makin Dekat, yang dipandu Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group, Suwarmin, Rabu (22/9/2021) malam. (Tangkapan layar)

SOLOPOS.COM - Empat narasumber hadir sebagai narasumber Solopos Virtual Talkshow, Makin Sehat, Makin Cepat, Makin Dekat, yang dipandu Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group, Suwarmin, Rabu (22/9/2021) malam. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Digitalisasi yang sebenarnya baru dijalani lima tahun lagi, namun karena pandemi mau tidak mau harus dilakukan saat ini. Namun berkat digitalisasi pula sejumlah pelaku usaha mengaku bisnis mereka makin sehat, makin cepat, makin dekat.

Hal itu diungkapkan empat narasumber yang hadir dalam Solopos Virtual Talkshow sepesial HUT ke-24 Solopos. Mengusung tema, Makin Sehat, Makin Cepat, Makin Dekat talkshow dipandu Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group, Suwarmin.

Adapun empat narasumber tersebut, adalah Vice President Corporate Communications PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Ricky Andriano. Lalu SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang dan Direktur PT Pegadaian Galeri 24, Arifmon. Serta GM Marketing Communication & PR Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Intan Vidiasari.

Baca juga: Pemkot Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Begini Prosedurnya

Solopos Virtual Talkshow didukung Bank Mandiri dan Galeri 24 disiarkan langsung di Youtube SoloposTV, Instagram @koransolopos, dan Facebook Solopos.com.

“Digitalisasi yang sebenarnya baru akan dijalani 5 tahun lagi, namun karena adanya pandemi dan PPKM mau tidak mau harus dijalani. Selain itu kita juga harus berinovasi dalam menjalankan bisnis untuk melayani konsumen,” jelas Intan Vidiasari.

Mistubishi pun melakukan inovasi dengan memanfaatkan digitalisasi. Melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID, konsumen dan calon konsumen dimudahkan. Baik untuk booking test drive, diler terdekat, tentang kendaraan, dan service bisa diakses melalui My Mitsubishi Motors ID.

“Sehingga ketika awal pandemi penjualan mengalami penurunan hingga 50% perlahan mulai naik. Apalagi didukung layanan digital semakin memudahkan konsumen untuk bertransaksi,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Vaksinasi dan Prokes Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Inovasi Mendukung Digitalisasi Bisnis

Untuk mendukung digitalisasi tersebut, salah satu penyedia layanan telekomunikasi Indosaat Ooredoo pun melakukan sejumlah inovasi. Menurut SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, inovasi produk yang dilakukan mendasarkan,”dari mendengar”.

“Jadi dari mendengar itu kita tahu kebutuhan konsumen. Untuk itu kita membuat produk yang menjadi solusi dari kebutuhan itu. Seperti layanan MyIM3 yang tidak hanya sekadar untuk melihat kuota dan beli pulsa. Namun juga bisa untuk untuk transaksi dan layanan kesehatan,” jelas Steve Saerang.

Bank Mandiri pun tak ingin lajunya terkendala pandemi. Kendati ada kebijakan PPKM di mana 25% karyawan work from office, dan 75 work from home. Namun menurut adalah Vice President Corporate Communications PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Ricky Andriano hal itu tidak menurunkan produktifitas karyawan.

Baca juga: Desain Unik Tol Solo-Jogja di Klaten: Rest Area Terbelah – Jalan Melayang

“Karena digitalisasi itu membantu koordinasi dalam menjalankan pekerjaan. Selain itu kami juga terus berinovasi dengan membuat aplikasi yang memudahkan layanan kepada nasabah,” jelas Ricky.

Tidak hanya inovasi, lanjut Ricky, Bank Mandiri juga berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Seperti dunia industri, transportasi, dan pariwisata. Di mana saat ini untuk melakukan transaksi dimudahkan dengan digitilasi sasi, e money. Demikian juga untuk penggunaan transportasi BST dan pariwisata.

“Bahkan kami juga berkerja sama dengan Techno Park. Termasuk dengan Dinas Koperasi dan UKM Solo untuk mendukung para pelaku usaha mikri kecil dan menengah [UMKM],” jelas Ricky.

Baca juga: PT Pegadaian akan Didorong Jadi Bank Emas Pertama di RI, Ini Alasannya

Konsumen Terbantu Digitalisasi Bisnis

Digitalisasi juga dirasakan Pegadaian Galery 24. Menurut Direktur PT Pegadaian Galeri 24, Arifmon, keberadaan Galery 24 di marketplace ternyata menarik para konsumen. Mereka pun mulai berinivestasi emas dengan membeli emas di Galery 24.

“Layanan dan kualitas emas yang kita jual menjadikan masyarakat percaya dan kemudian berninvestasi dengan membeli emas di Galery 24. Apalagi Galery 24 sudah ada di beberapa kota, ada sekitar 104 lebih toko offline,” jelas Arifmon.

Antusiasme masyarakat untuk membeli emas, lanjut Arifmon, membuat Galery 24 berinovasi dengan tidak hanya menjual emas batangan. Namun juga menjual perhiasan emas. Layanan dan kualitas emas dari Galey 24 membuat masyarakat percaya.

“Apalagi ada sejumlah layanan yang membuat masyarakat beli emas tanpa was-was. Seperti ketika ada perhiasan yang ingin dibeli berada di Galey 24 di kota lain, konsumen tetap bisa membelinya. Kemudian jaminan penjualan kembali, dengan persyaratan dan ketentuan berlaku. Membuat konsumen semakin tertarik untuk berinvestasi emas,” kata Arifmon.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pemerintah mulai gencar menggalakkan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (tracing, testing, treatment) jelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Pemkab Klaten Gandeng Tokoh Agama untuk Serukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyadari besarnya pengaruh tokoh agama kepada masyarakat.

Bersarung, Berpeci, Pakai Koko Putih, Gibran Peringati Hari Santri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara peringatan HSN di Plaza Balai Kota, Jumat (22/10/2021) mengenakan sarung, peci, dan baju koko warna putih.

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.

Korsleting, Rumah Warga Senden Klaten Kebakaran

Musibah kebakaran melanda rumah warga di Kundenrejo RT 012/RW 005, Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Sabtu (23/10/2021) pagi.

BMKG Perkirakan Cuaca Buruk Landa Soloraya, Waspada Banjir & Longsor

BMKG memprediksi cuaca buruk landa Soloraya, warga diminta hindari kawasan rawan banjir dan longsor.