SOLOPOS.COM - Rangkaian acara Civilweek 2019. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO —Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik (HMS-FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Civilweek 2019 selama sepekan, Sabtu-Jumat (8-8/11/2019).

Acara yang mengangkat tema Get Beyond The Milestone itu melibatkan 1.262 peserta yang terdiri atas 750 mahasiswa dari berbagai universitas di 11 provinsi, 384 siswa SMA sederajat dari 40 sekolah di berbagai daerah, dan berbagai anggota instansi pemerintahan serta non pemerintahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (5/11/2019), Civilweek 2019 merupakan wadah untuk menuangkan ide dan inovasi dalam mengoptimalkan sumber daya dan permasalahan yang ada saat ini. Di Civilweek 2019, ada sesi diskusi dan kompetisi.

Acara tersebut dibuka Ngarsopuro Night Market, Kota Solo, Sabtu (2/11/2019), dan dilanjutkan dengan Lomba Rancang Gambar Bangunan (LRGB). Selain itu, ada pula Lomba Rancang Bangun Jembatan (LRBJ) dan agenda bertajuk A Day Become Civil Engineer (Divine), Minggu (3/11/2019).

LRGB, LRBJ, dan Divine merupakan rangkaian acara yang ditujukan untuk peserta dari jenjang SMA sederajat. Sedangkan untuk mahasiswa, ada kompetisi bertajuk International Concrete Competition (ICC) dan National Paper Competition (NPC).

ICC dan NPC masing-masing diadakan selama beberapa hari. ICC diadakan Senin-Rabu (4-6/11/2019), sedangkan ICC digelar Selasa-Rabu (5-6/11/2019).

Setelah berkutat dengan kompetisi, agenda yang diadakan HMS-FT UNS Solo itu dilanjutkan dengan Seminar nasional bertema Mengkaji Perencanaan Infrastruktur dalam Pemindahan Ibu Kota Baru Guna Terwujudnya Indonesia Sentris di di Auditorium UNS Solo, Kamis (7/11/2019) mulai pukul 08.00 WIB.

Seminar nasional itu menghadirkan beberapa pembicara, yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia Bernardus Djonoputro, Direktur Utama PT. Adhi Karya Budi Harto, dan akademisi Fakultas Teknik UNS Solo Prof. Yusep Muslih Purwana.

Moderator dalam seminar nasional itu adalah akademisi Fakultas Teknik UNS, Budi Yulianto.

Civilweek 2019 akan ditutup dengan Closing Ceremony atau Upacara Penutupan yang bakal digelar di Ballroom Harris Hotel, Kota Solo, Jumat (8/11/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya