SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat. (Solopos/dok)

Solopos.com, KLATEN — Jajaran Muspika Polanharjo menggelar Salat Subuh berjemaah di Masjid Istiqomah, Dukuh Kemasan, Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Sabtu (4/2/2023). Kegiatan Salat Subuh berjemaah akan terus digelar Muspika Polanharjo rutin setiap sekali dalam sebulan dengan mendatangi masjid di seluruh desa di Polanharjo secara bergiliran.

Salat Subuh berjemaah di Masjid Istiqomah dihadiri Camat Polanharjo, Joko Handoyo, beserta pegawai kecamatan. Selain itu, kegiatan dihadi Kepala KUA Polanharjo, Moh. Sofyan Tsauri, perwakilan Polsek, Koramil, serta kepala desa di wilayah Kecamatan Polanharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Joko menjelaskan Program Salat Subuh Berjemaah digelar rutin Muspika Polanharjo sejak Desember 2022.

“Ini sudah kali ketiga digelar. Kegiatan ini menjadi agenda rutin sekali dalam sebulan, satu desa satu masjid,” kata Joko berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Takmir Masjid Istiqomah.

Ekspedisi Mudik 2024

Program Salat Subuh Berjemaah digelar menindaklanjuti program serupa di tingkat kabupaten yang dilakukan Bupati Klaten, Sri Mulyani. Kegiatan itu sebagai salah satu upaya untuk lebih dekat dan mendengar langsung aspirasi masyarakat.

“Segala keluhan, masukan dan apresiasi dari masyarakat bisa kami dengar langsung,” imbuhnya.

Program Salat Subuh Berjamaah juga dilakukan untuk memakmurkan masjid di lingkungan masyarakat. Pada kesempatan itu, Muspika Polanharjo mengajak tokoh agama memberikan ceramah singkat. Hal itu diharapkan bisa menambah keimanan dan ketakwaan jamaah masjid.

“Salat Subuh berjamaah ini memang yang paling sulit, tapi sebetulnya memiliki banyak manfaat. Semoga dengan kehadiran kami ini masjid menjadi lebih ramai, intinya kami ingin memakmurkan masjid,” kata dia.

Ketua Takmir Masjid Istiqomah, Fauzan Khusen, mengatakan total ada sekitar 130 jamaah yang ikut Salat Subuh berjamaah. Kegiatan diawali dengan Salat Subuh berjamaah, kemudian pemaparan dari Camat Polanharjo, ceramah subuh, dan ditutup dengan ramah tamah.

“Alhamdulillah kami bisa mendengarkan motivasi dan pemaparan program dari pemerintah yang disampaikan langsung oleh Pak Camat,” urai dia.

Fauzan sependapat dengan tujuan Muspika Polanharjo yang ingin memakmurkan masjid. Sebab masjid merupakan pusat dari segala kegiatan umat Islam. Lewat masjid diharapkan kerukunan masyarakat bisa selalu terjaga dan segala perbedaan dapat dikelola dengan baik.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat jamaah untuk selalu memakmurkan rumah Allah SWT yaitu masjid. Selain itu kami berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan. Semoga membawa manfaat dan keberkahan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya