Diganjar Penghargaan Muri, Begini Pesan Dokter Lo untuk Dokter Muda
Tangkapan layar Lo Siauw Ging atau Dokter Lo menerima piagam penghargaan dari Muri via Zoom di Solo, Kamis (10/9/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Lo Siauw Ging atau lebih dikenal sebagai Dokter Lo mendapat Mahakarya Kebudayaan Bidang Kesehatan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Hal itu atas pengabdiannya sebagai dokter yang mengutamakan kemanusiaan tanpa memungut biaya layanan kesehatan kepada kaum papa.

Penghargaan kepada Dokter Lo dari Muri diserahkan via Zoom di Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (10/9/2020) siang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, piagam Mahakarya Kebudayaan Bidang Kesehatan disampaikan oleh perwakilan Muri, Mayor Haristanto, kepada Dokter Lo disaksikan pendiri Muri, Jaya Suprana dan wartawan via Zoom.

Pilkada Solo: Paslon Hanya Boleh Gelar Kampanye Terbuka 1 Kali

Dokter Lo tampak semringah menerima piagam tersebut.

Jaya Suprana menjelaskan para penerima anugerah Muri mendapatkan kehormatan saat menerima piagam.

Tapi, lanjut Jaya Suprana, penyerahan piagam kemarin pagi justru Muri yang menerima penghormatan mewakili bangsa Indonesia ketika menyerahkan piagam kepada Lo.

Dendang Dory Harsa untuk Milenial di SIPA 2020

“Dokter Lo mengamalkan Pancasila dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. Semoga pengabdian dokter yang mengutamakan kemanusiaan dengan tidak memungut biaya layanan kesehatan kepada kaum miskin menjadi suri teladan bagi seluruh bangsa Indonesia,” katanya.

Bekerja Sosial Bisa Dilakukan Semua Orang

Sementara Lo, 86, mengapresiasi sang istri yang mendukung selama melakukan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Kasih Ibu sebagai tempat bertugas sejak 1981, dan Oen Boen Ing.

Dokter Lo berucap pengabdian yang telah ia lakukan dapat dilakukan semua dokter.

“Untuk teman dokter. Khususnya dokter muda. Bagaimanapun jadi dokter tidak akan mati kelaparan. Jadi saya yakin kalau bekerja sosial bisa dilakukan semua orang,” kata dia.

Ganjar Belum Mau PSBB Diterapkan di Jateng, Ini Alasannya

Mengutip wikipedia, Dokter Lo terkenal sebagai dokter yang merawat dan mengobati pasien tanpa menetapkan tarif, bahkan sebagian besar pasien yang tidak mampu tidak dibebani biaya pengobatan.

Biaya pembelian obat pun terkadang dibayari oleh dr. Lo untuk pasiennya yang tidak mampu. Selain itu, dokter Lo juga terkenal akan diagnosanya yang tepat.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom