SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Demonstrasi Buruh Pabrik Sarung Tuntut Kenaikan Upah
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

SLEMAN-Sedikitnya 300 karyawan pabrik sarung tangan, Ud Sari Cipta Sukses di Jagalan, Tegaltirto, Berbah Sleman mogok kerja menuntut kenaikan upah dan perlakuan manusiawi dari perusahaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puncaknya, Rabu (17/4) pagi ratusan karyawan mendemo perusahaan dengan mogok kerja hingga besok.

Salahsatu karyawan yang enggan disebut namanya menjelaskan setiap bulan ia hanya menerima upah sekitar Rp700.000 jauh diatas Upah Minimum Regional (UMR) Sleman yang seharusnya Rp1.025.000.

“Kami ingin ada kenaikan gaji, sebenarnya sudah lama ingin protes tetapi kita takut dikeluarkan. Malah saat ada yang menanyakan perihal gaji mendapat jawaban yang kurang mengenakkan,” ungkapnya saat ditemui Harian Jogja, Rabu (17/4).

Para buruh yang mogok pagi tadi berjalan dengan tertib melewati jalan raya Tegaltirto dan masuk ke dalam halaman perusahaan yang berada di sebelah barat jalan.

Tidak ada orasi dalam aksi tersebut karena mereka murni ingin mendapatkan solusi atas masalah yang menimpa karyawan. Ratusan massa kemudian diterima oleh pimpinan perusahaan Cipto Herawan atau kerap dipanggil Leo.

Dalam kesempatan itu, Leo menyampaikan akan membenahi sistem yang ada di dalam perusahaan. Ia berdalih perusahaan memiliki banyak tanggungan klaim sehingga tidak bisa memberikan gaji yang tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya