SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL- Pemkab Bantul akhirnya turun tangan terhadap puluhan warga miskin dan difabel di Kecamatan Sedayu yang banyak tidak tersentuh bantuan pemerintah.

Kepala Dinas Sosial Bantul Mahmudi menyatakan, lembaganya telah bertemu dengan perwakilan warga difabel tersebut setelah media ini memberitakan kondisi puluhan warga difabel yang luput dari perhatian pemerintah itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah bertemu dan mengecek data-data mereka,” kata Mahmudi Minggu (2/2/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Dari hasil verifikasi Dinas Sosial ke lapangan, ada tiga warga difabel yang sama sekali tidak tersentuh bantuan pemerintah seperti raskin, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), jaminan kesehatan dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ikut membantu biaya pendidikan.

Sedangkan puluhan warga lainnya rata-rata hanya menikmati satu program. Misalnya hanya menerima raskin atau hanya menerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

“Harusnya tiap warga miskin apalagi difabel dapat menikmati empat program itu,” ujarnya.

Dinas Sosial kini mengupayakan agar puluhan warga tersebut masuk dalam data penerima bantuan program pemerintah di atas.

“Kalau menunggu perubahan data pemerintah pusat seperti Jamkesmas itu lama. Kami upayakan untuk kesehatan bisa dikover Jamkesda atau anggaran daerah,” terangnya.

Mahmudi berjanji mengupayakan bantuan untuk warga miskin tersebut dimulai tahun ini.

Wahyu Slamet salah satu difabel warga Dusun Tapen, Argosari Sedayu Bantul, mengungkapkan, pemerintah bergerak cepat setelah kabar mengenai kondisi mereka diberitakan di media.

“Kami diundang ke Dinas Sosial untuk [mengecek] data difabel,” imbuhnya sembari mengucapkan terimakasih kepada Harian Jogja.

Pihaknya tengah mengumpulkan data lengkap seluruh difabel di Bantul. Data itu tak hanya dilaporkan ke Dinas Sosial namun juga ke Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya