Dies Natalis ke-65, UKSW Siap Antisipasi Tantangan Zaman

Saat ini UKSW tengah mengembangkan pendidikan berbasis teknologi augmented and virtual reality (AVR).

 Rektor UKSW ketika menyerahkan buku laporan perkembangan UKSW kepada Ketua pengurus harian YPTKSW Hari Sunarto S.E., MBA., Ph.D. dalam upacara dalam rangka dies natalis ke-65 UKSW di Balairung Universitas, Selasa (30/11/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rektor UKSW ketika menyerahkan buku laporan perkembangan UKSW kepada Ketua pengurus harian YPTKSW Hari Sunarto S.E., MBA., Ph.D. dalam upacara dalam rangka dies natalis ke-65 UKSW di Balairung Universitas, Selasa (30/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga menggelar upacara dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-65 secara luring terbatas di Balairung Universitas, Selasa (30/11/2021).

Upacara yang juga digelar secara daring melalui Zoom Meeting serta disiarkan melalui kanal YouTube UKSW Salatiga ini diikuti oleh senator, pembina, pengawas, dan pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana, pimpinan fakultas serta sejumlah tamu undangan.

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D., mengatakan tema Dies Natalis tahun ini adalah “Dalam kemurahan-Mu, teguhkanlah perbuatan tangan kami” (Maz. 90: 17).

Melalui tema yang juga dipanjatkan sebagai sebuah doa ini, Neil mengajak warga UKSW untuk mengangkat hati, memohon kembali kasih dan kemurahan Tuhan, memohon kesetiaan penyertaan-Nya, meminta berkat dan peneguhan tangan Tuhan. Hal ini, disampaikan Neil tidak lain karena 65 tahun kehidupan UKSW terjadi karena kemurahan Tuhan.

Baca Juga: HUT ke-65, UKSW Gelar Ibadah Syukur dan Upacara Dies Natalis

Dalam sambutannya, Neil menyampaikan pada awal kepemimpinan dulu, bersama dengan pembantu rektor dan para dekan pihaknya telah mendeklarasikan back to basic sebagai tema kerja kepemimpinannya. Gerakan back to basic ini merupakan komitmen untuk membaca ulang pemikiran para pendiri UKSW kemudian memaknainya kembali dalam tantangan zaman saat ini serta mengantisipasi tantangan ke depan.

Melalui gerakan ini, sejak 2019 lalu Neil mengajukan rekonstekstualisasi model beruniversitas bagi UKSW.

“Ada lima peran universitas yang diajukan di sana, di mana empat di antaranya merupakan catur rupa tugas yang diajukan Notohamidjojo, rektor pertama UKSW di November 1956. Keempat peran tersebut adalah universitas sebagai penyerap, peramu, dan penghasil pengetahuan; sebagai universitas magistrorum et scholarium yang membina kepemimpinan akademik mahasiswa sebagai ko-konstruktor pengetahuan para dosen; sebagai inovator pedagogik dan model beruniversitas, serta sebagai pembaharu masyarakat,” kata Neil.

Adapun peran kelima adalah sebagai global networker dalam jejaring pengetahuan dunia. Guna mewujudkan peran kelima tersebut saat ini UKSW tengah mengembangkan pendidikan berbasis teknologi augmented and virtual reality (AVR).

Baca Juga: Keren! Ada Teknologi Smart Campus di UKSW

Teknologi ini disampaikan Neil akan membuka ruang-ruang pengalaman di atas platform digital yang di era pandemi ini telah membuka kemungkinan baru dalam relasi dan interaksi, tidak hanya lokal atau nasional, tetapi internasional.

Teknologi AVR diterapkan UKSW dengan menggandeng EON Reality, sebuah perusahaan pengembang dan solusi teknologi AVR yang berbasis di Irvine, California.

Lebih lanjut, Neil juga menekankan mengenai relasi akademik yang dapat dipertahankan karena adanya trust (kepercayaan).

Trust dalam dunia keilmuan ada karena karya atau prestasi dan reputasi akademik. Secara spesifik, itu berkaitan dengan produksi ilmu pengetahuan dari atau oleh peneliti UKSW, yang dikenal oleh mitra-mitra keilmuannya, termasuk dari negara lain. Publikasi internasional menjadi penting, jika kita bicara posisi global networking UKSW,” tegasnya.

Baca Juga: Buka-Bukaan Jadi Sociopreneur Sukses di UKSW

Neil mendorong warga UKSW melahirkan karya-karya bermutu, merefleksikan konsistensi UKSW pada nilai-nilai akademik yang luhur. Dari semua itu Neil ikut menekankan pentingnya menjaga reputasi akademik.

Saat ini pihaknya sedang bekerja mewujudkan semua itu secara perlahan tetapi pasti. Jika perjalanan UKSW tetap konsisten di atas itu, Neil meyakini bahwa pada usia 100 tahun UKSW pada 2056 UKSW dapat menjadi salah satu universitas yang disegani di Asia, bahkan dunia.

Usai menyampaikan sambutan sekaligus laporan perkembangan UKSW, Neil menyerahkan buku laporan perkembangan UKSW kepada Ketua pengurus harian YPTKSW Hari Sunarto S.E., MBA., Ph.D.

Dies Natalis ke-65 UKSW
Suasana upacara dalam rangka dies natalis ke-65 UKSW di Balairung Universitas, Selasa (30/11/2021). (Istimewa)

UKSW Terima Penghargaan

Dalam upacara tersebut Rektor UKSW juga menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Pegunungan Bintang, Papua, Spei Yan Bidana, ST, M.Si., Piagam tersebut merupakan apresiasi yang diberikan bagi UKSW karena telah mendukung upaya percepatan pembangunan SDM di Kabupaten Pegunungan Bintang serta telah berperan aktif dalam pendampingan pendirian Universitas Okmin Papua.

Spei Yan Bidana menyampaikan bahwa UKSW mendukung visi bupati Pegunungan Bintang dimana pendidikan adalan visi utama. UKSW disebut telah menjadi motor yang mendorong berdirinya universitas yang terletak di pedalaman Papua.

Baca Juga: Dapat Hibah Rp500 Juta dari Kedaireka, UKSW Ciptakan AI Mining

“Terima kasih karena UKSW juga telah meminjamkan Pembantu Rektor V untuk menjadi rektor di UOP. Tahun ini kami juga mengirimkan 200 mahasiswa yang siap dibentuk dan ditempa untuk menjadi generasi siap dipakai bagi bangsa dan kemajuan Papua secara khusus Pegunungan Bintang. Kami masih terus meminta dukungan baik berupa tenaga pengajar, pengembangan akademik, serta pengabdian kepada rakyat hingga kami bisa mandiri,” imbuh beliau.

Selain upacara yang menjadi puncak peringatan Dies Natalis ke-65 UKSW, sebelumnya telah diselenggarakan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan dies UKSW tahun ini. Beberapa di antaranya seperti 13 seri webinar internasional, pengukuhan empat guru besar, konser virtual bertaraf internasional, serta ibadah syukur.

Berita Terkini

Mahasiswa UKSW Ikuti MBKM, 4 Bulan Dampingi 13 Sekolah di Kupang

UKSW menyerahkan langsung ke-13 mahasiswa yang ikut MBKM kepada Bupati Kabupaten Kupang di Kantor Bupati Kabupaten Kupang, Selasa (11/01/2022).

Mahasiswa Fiskom UKSW Terbitkan Buku Sepak Terjang Organisasi Wanita Salatiga

Penerbitan buku ini merupakan salah satu output penyelenggaraan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT) yang diadakan Fiskom UKSW tahun 2021.

UKSW Seminarkan Penelitian MBKM dan Tiga Pengabdian Masyarakat

Rektor UKSW menyebut pimpinan mendukung penuh dan memfasilitasi pelaksanaan MBKM di kampus. Termasuk dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Peran Fiskom UKSW Dampingi dan Kuatkan Masyarakat Perangi Stunting

Stunting tidak hanya dikarenakan persoalan kemiskinan yang menjadi penyebabnya, tetapi juga faktor lainnya seperti pola asuh tidak benar, perkawinan usia anak dan pemahaman masyarakat tentang stunting masih rendah.

Keren! Dusun di Lereng Merbabu Ini Punya Website Jual-Beli Sayur

Website Dusun Gedong yang dirancang tim FTI UKSW tidak hanya untuk transaksi jual beli sayuran saja, tetapi juga untuk memasarkan potensi wisata.

Kenalkan Nilai Creative Minority Sejak Dini, Ini Strategi UKSW Salatiga

UKSW memiliki strategi pola pembinaan mahasiswa yang terbagi dalam bidang professional dan humanistic skills.

Seru, Peserta OMB UKSW Dapat Info Detail tentang LK hingga Akademik

Pdt. Irene mengajak mahasiswa baru untuk terus melakukan pengajaran Kristus di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, jangan sampai hanya sebagai formalitas.

Ratusan Mahasiswa UKSW Digembleng Karakter Creative Minority & Berdaya Saing Global

Nilai-nilai UKSW yang telah tertanam akan melekat sebagai karakter yang menjadi landasan untuk berkompetisi dan siap bersaing.

40 Mahasiswa UKSW dan Kamboja "Menjelajah" 3 Negara dalam 3 Hari

Dalam sesi sharing culture mahasiswa FId UKSW menampilkan video virtual exibition yang terdiri dari ArcGIS, kegiatan kelas Jepang, short video tourism advertising, master plan dan juga komik cerita rakyat.

Perayaan Natal UKSW Refleksikan Kasih Tuhan untuk Bangun Pengharapan

Pdt. Agus yang juga merupakan alumni Fakultas Teologi UKSW membawakan kisah perawan Maria yang dipilih oleh Tuhan untuk mengandung bayi Yesus.

Lembaga Mitra Rasakan Manfaat Program PLT Mahasiswa Fiskom UKSW

Mahasiswa UKSW diterjunkan ke lembaga-lembaga masyarakat untuk melihat kondisi riil, mengenali permasalahan yang ada dan juga mencari solusinya.

Webinar UKSW: Cakap Digital, Gunakan Medsos untuk Gali Potensi Diri

Febriyan Nindyo musisi yang tergabung dalam grup musik HiVi juga mengajak peserta untuk menggunakan Internet dan media sosial sebaik mungkin dan bijaksana.

Peringati Dies Natalis ke-65, UKSW Gelar International Webinar Series

Peneliti dari berbagai universitas terkemuka di dunia seperti Australia, Belanda, Inggris, dan Perancis juga turut mengisi acara international webinar series yang digelar UKSW.

Dies Natalis ke-65, UKSW Siap Antisipasi Tantangan Zaman

Saat ini UKSW tengah mengembangkan pendidikan berbasis teknologi augmented and virtual reality (AVR).

Teliti Kartu Tani Antar Dani Harun Raih Gelar Doktor

Program kartu tani diperkenalkan kepada para petani di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada 2015.

Airlangga: Indonesia Butuh Generasi Muda Berkarakter dan Berdaya Saing

Menurut Airlangga, momentum pulihnya ekonomi perlu dijaga dan ditingkatkan bersama, harapannya Indonesia tidak hanya mampu keluar dari Covid-19 tetapi juga keluar dari middle income trap.

HUT ke-65, UKSW Gelar Ibadah Syukur dan Upacara Dies Natalis

Kegiatan ibadah syukur dan upacara dies natalis akan diadakan secara luring terbatas, dan disiarkan secara langsung di Youtube UKSW Salatiga.

Keren! Ada Teknologi Smart Campus di UKSW

Belum lama ini UKSW telah bekerja sama dengan perusahaan pengembang perangkat lunak virtual reality dan augmented reality yang berkantor pusat California, AS.

Dubes Indonesia untuk Vatikan Bagikan Pengalaman di Dies Natalis FH UKSW

Laurentius Amrih Jinangkung menyampaikan dampak globalisasi sangat memengaruhi perdagangan dan ekonomi dunia.

Teori dan Praktik Kepailitan Dikupas Tuntas di Seminar FH UKSW

Seminar diadakan secara online menggunakan platform zoom meeting, diikuti setidaknya 300 peserta dari kalangan mahasiswa dan juga praktisi hukum.

Ubah Mindset, Pendidikan Kini Berpusat pada Minat Siswa

Pentingnya memberikan peserta didik ruang untuk mengakomodasi keragaman dengan pendekatan personal.

Buka-Bukaan Jadi Sociopreneur Sukses di UKSW

Telah ada 175 proposal ide bisnis dari mahasiswa UKSW sebagai peserta kompetisi rancang bisnis yang akan diseleksi untuk memperebutkan kursi lima besar.

Peringati HKN, FKIK UKSW Edukasi Warga Samirono Semarang

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diawali dengan edukasi pola hidup bersih dan sehat terkait peningkatan aktivitas fisik.

Strategi Owner Dapur Wieda dan Osaga Bidik Peluang di Masa Pandemi

Untuk menemukan target pasar dapat dilakukan dengan bergabung pada komunitas bisnis yang diminati sehingga dapat belajar mengenai pasar.

Dapat Hibah Rp500 Juta dari Kedaireka, UKSW Ciptakan AI Mining

Dosen UKSW Salatiga, Dr. Hanna Ariani Parhusip, M.Sc.,nat, mendapat dana hibah Match Funding Kedaireka untuk membuat prototipe sistem cerdas AI Mining.

HI UKSW jadi Tuan Rumah Pertemuan Mahasiswa HI se-Indonesia

Prodi HI Fiskom UKSW akan menjadi tuan rumah Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia ke-33 atau PNMHII XXXIII pada Senin-Kamis (15-18/11/2021).

Kukuhkan 4 Guru Besar, Rektor UKSW Salatiga: Ini Jadi Fighting Spirit

Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D, mengatakan pengukuhan keempat guru besar ini menjadi sebuah fighting spirit serta nilai yang baik dalam menerima tantangan kompetisi di masa depan

Cakap Digital Tak Sebatas Jago Operasikan Gawai, Ini Alasannya

Akan dibahas mengenai pentingnya peningkatan literasi digital masyarakat, di mana literasi digital berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia.

Mantap! UKSW Punya 4 Guru Besar Baru

Dengan dikukuhkannya empat guru besar yang baru, saat ini UKSW memiliki 14 guru besar.

Sambut Dies Natalis ke-65, UKSW Gelar Creative Minority Forum 2021

Untuk memperingati Dies Natalis ke-65, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga akan menggelar kegiatan bertajuk Creative Minority Forum 2021.

Dosen UKSW & Rekan Ciptakan SI SAGU demi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Penelitian yang dilakukan Herry Sanoto dan tim berangkat dari kepedulian untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat yang termasuk wilayah 3T.

Ada 678 Lowongan Kerja untuk SMA hingga S3 di UKSW Virtual Job Fair

Melalui kegiatan ini job fighter serta peserta perusahaan dapat bertemu sehingga VJE menjadi jembatan baik untuk perusahaan serta para pencari kerja.

Pakar Bagi Tips Komunikasi Antarbudaya dalam Profesi PR di Webinar UKSW

Melalui teknologi informasi orang-orang dapat dihubungkan namun melalui teknologi informasi pula orang-orang dipisahkan dari kelompoknya.

Viktor Laiskodat Lulus Doktor UKSW, Angkat Disertasi Wisata NTT

Viktor Laiskodat membuat disertasi berangkat dari dari sebuah permasalahan mengapa masyarakat NTT masih miskin padahal wilayah itu kaya sumber daya alam.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Raih Gelar Doktor dari UKSW Salatiga

Viktor meraih gelar Doktor Program Studi Pembangunan dari UKSW dengan nilai IPK 3,92.

Hadapi Era Industri 4.0, UKSW Gandeng PT SCI Gelar Webinar

Guna mempersiapkan lulusan perguruan tinggi memasuki dunia industri 4.0, UKSW bekerja sama dengan PT SCI menggelar webinar dan rekruitmen.

Srumbung Gunung Buat Master Plan Menuju Desa Wisata Kreatif Perdamaian

Visual 3 dimensi master plan yang sudah final telah ditunjukkan kepada masyarakat Srumbung Gunung di acara soft opening Gazebo Kuliner Nusantara.

Peringati Hari Jadi NUNI, UKSW Salatiga Gelar Donor Darah

Donor darah yang digelar di Student Center UKSW tersebut diadakan dalam rangka merayakan 10 tahun terbentuknya NUNI.

Lulusan UKSW Siap Beradaptasi dengan Realitas Dunia Baru

UKSW telah memberikan bekal untuk membentuk winisuda secara kultural guna menjadi “manusia baru”.

948 Mahasiswa UKSW Diwisuda Besok, Ini Daftar Peraih IPK Tertinggi

Pelaksanaan wisuda periode II tahun akademik 2021/2022 akan diikuti oleh 948 winisuda UKSW secara luring terbatas.

Wali Kota Salatiga Dukung Usulan Gelar Pahlawan untuk Probowinoto

Pelanjutan usulan gelar pahlawan untuk Probowinoto oleh UKSW dimulai dengan kajian interdisiplin yang dilakukan oleh tim.

18 Tahun Berkiprah, FTI UKSW Pertahankan Prestasi

Sejumlah capaian fakultas yang saat ini dipimpin oleh Wiwin Sulistyo, ST, M.Kom., ini menandakan bahwa FTI mampu beradaptasi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Dosen STIE Solo, Irwan Christanto Raih Gelar Doktor dari DM FEB UKSW

Irwan yang dosen STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta ini berhasil mempertahankan desertasinya di hadapan para penguji UKSW.

3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

3CM Center FKIP UKSW Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa.

UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kerja sama dengan TNI Komando Daerah Militer IV/Diponegoro menggelar vaksinasi massal di Balairung Universitas

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Desa Binaan UKSW Salatiga Jadi Desa Wisata Terbaik 2021 Versi BCA Award

Desa Wisata Tingkir Lor binaan UKSW Salatiga berhasil menjuarai ajang Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 kategori foto desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

UKSW dan Polres Salatiga Sepakat Meningkatkan Sinergi

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Semuel Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D menerima kunjungan kerja Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana.

3.000 Dosis Vaksin Kedua Disalurkan di UKSW Salatiga

UKSW saat ini tengah mengadakan penjajakan dengan berbagai pihak seperti Koramil dan Danrem untuk kembali mengadakan kegiatan vaksinasi.

Sebarkan Nilai Perdamaian, Desa Wisata Kreatif Perdamaian Adakan Peace Camp

Peserta Peace Camp benar-benar belajar hal praktis untuk memahami serta menerima perbedaan.