SOLOPOS.COM - Pemotongan tumpeng oleh Dekan Fakultas Biologi Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc. dalam Perayaan Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi UKSW. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Sukacita menapaki usia yang tidak lagi muda yaitu 60 tahun begitu memancar dalam acara Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Senin (3/10/2022). Pertolonganku ialah dari Tuhan yang Menjadikan Langit dan Bumi yang terambil dari Mazmur 121:2 menjadi tema Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi tahun ini.

Dihadiri oleh Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D.; Dekan Fakultas Biologi Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc., tenaga kependidikan, dosen, tamu undangan, serta mahasiswa Fakultas Biologi, acara puncak Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dra. Lusiawati.

Penampilan Tari Burung Ruai dari Kalimantan oleh mahasiswa Bengkayang, tarian mahasiswa Papua serta suguhan lagu daerah dan pop oleh Zunaidin dan Dixie mahasiswa Fakultas Biologi ikut memeriahkan acara Dies Natalis kemarin yang digelar di Balairung Universitas.

Baca Juga: BPM UKSW Salatiga Kerja Sama dengan Panti Pelayanan Sosial Anak, Ini Tujuannya

Rektor UKSW, dalam sambutannya mengajak Fakultas Biologi dalam usia yang ke 60 tahun ini untuk terus berupaya mengembangkan diri, berkarya dan berdampak bagi sekitar. Ia juga mengungkapkan terima kasihnya atas kemajuan dan prestasi yang telah dicapai Fakultas Biologi.

Dalam kesempatan ini, Neil Rupidara juga menekankan untuk memanfaatkan kakayaan hayati yang terdapat di alam Indonesia. “Sains harus maju dengan memanfaatkan kekayaan hayati di alam,” imbuhnya dalam keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (6/10/2022).

Kilas Balik

Gayung bersambut, ajakan Rektor UKSW untuk berdampak bagi masyarakat sekitar dijawab oleh Dra. Lusiawati. Ia menyampaikan bahwa saat ini Fakultas Biologi terus mengembangkan program Biologi Terapan yaitu Bio Entrepreneur dengan melakukan rekayasa dari mikroorganisme tumbuhan dan hewan untuk produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Pimpinan Klasis Gereja Protestan Maluku Timba Ilmu di UKSW Salatiga

Salah satu contoh yang sudah dilakukan Fakultas Biologi adalah dengan membuat fermentasi eco enzim limbah buah dan sayur untuk menjadi pupuk dan juga obat-obatan seperti obat gatal.

“Selain itu, salah satu produk inovasi unggulan yang sudah dipatenkan yaitu tempe ikan dan tempe kunyit karena kaya akan protein, anti oksidan dan anti bakteri yang sangat baik bagi tubuh. Harapannya produk-produk yang dibuat dapat bermanfaat dan dapat dinikmati seluruh masyarakat luar,” terang Dra. Lusiawati.

Dalam sambutannya, Dra. Lusiawati juga mendorong tenaga pendidik untuk semakin memacu diri masing-masing berprestasi di kancah internasional. “Di tahun-tahun mendatang Fakultas Biologi dapat menghadapi tantangan yang lebih berat,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Dra. Lusiawati juga menyampaikan program lain yang dilaksanakan fakultasnya, yaitu program kampus merdeka yang diwujudkan dalam bentuk antara lain magang di perusahaan, industri, lembaga penelitian, maupun sekolah-sekolah.

Program kampus merdeka lainnya yang sedang berjalan adalah keikutsertaan salah satu mahasiswa Fakultas Biologi dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) selama satu semester di Universitat Pompeu Fabra, Barcelona, Spanyol.

Baca Juga: UKSW Salatiga Datangkan Tipe-X Hibur Mahasiswa Baru

“Kami berharap, para lulusan Fakultas Biologi dapat menghidupi moto Biology for a Better Life yang ditunjukkan dalam attitude dan karya,” tambahnya.

Rangkaian Dies

Ketua Panitia Dr. Marisa Christina Tapilouw, S.Si, M.T., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tema Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi ini menjadi momentum yang membawa sukacita bagi Fakultas Biologi yang siap untuk menapaki kehidupan ke depan yang gemilang. “Tema ini membawa kita menggapai moto Fakultas Biologi yaitu mewujudkan Biology for a Better Life” ungkapnya.

Menurut Marisa, acara puncak Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi UKSW diselenggarakan dengan Ibadah Syukur dan Perayaan. Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka memperingati Dies Natalis, antara lain Kuliah Tamu dengan tema Biologi Molekuler dan Bioinformatika dalam Penelitian Biologi, Bincang Santai dengan tajuk Memupuk Jiwa Nasionalisme dan Semangat Toleransi. Tak ketinggalan, Bincang Santai Growth Mindset Pelajar dan Mahasiswa, Webinar Kolaborasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam rangka hari bumi secara daring juga diselenggarakan dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi.

Baca Juga: Pererat Kerja Sama, FKIP UKSW Terima Kunjungan STT Ikat Jakarta

Dalam kesempatan Ibadah Syukur dan Perayaan Dies Natalis ke-60 kemarin, Erina Azalia Fitri mengungkapkan sukacitanya atas fakultas tempatnya mengemban ilmu. “Dies Natalis hari ini seru sekali dan melibatkan banyak mahasiswa. Harapan ke depan, Fakultas Biologi semakin solid dan lebih mengembangkan penelitiannya,” tambah mahasiswa Program Studi Biologi angkatan 2019 ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya