SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANJARNEGARA—Aktivitas Gunung Dieng, Rabu (03/04/2013) cenderung turun. Namun Gunung Ijen di Banyuwangi justur diguncang gempa tremor seharian.

Dalam data yang dikirimkan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono  pada pukul 12.00 WIB-18.00 WIB hanya terjadi dua kali gempa vulkanik dalam dan satu kali gempa vulkanik dangkal. Namun masih muncul asap putih tebal, tekanan lemah – tinggi 50-100 m di Kawah Timbang. Asap itu condong ke Timur Laut. “Gas belerang tidak tercium pada jarak 1000 m ke arah Desa Simbar,” kata Mbah Rono kepada harianjogja.com.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Meski cenderung turun status Dieng tetap dipertahankan pada level Siaga dan warga tidak diperbolehkan beraktivitas pada jarak 1.000 meter dari Kawah Timbang.

Sementara itu Gunung Ijen yang juga bersatus Siaga kembali bergejolak. Data dari pukul 12.00 WIB- 18:00 WIB tremor menerus dengan  amplituda 2mm-6 mm, dominan 4 mm. Amaplituda tremor cenderung meningkat dan dominan 4 mm. “Rekomendasi agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 1.5 km dari Kawah Ijen,” kata Surono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya