SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANJARNEGARA—Aktivitas Kawah Timbang di Gunung Dieng , Senin (1/4) masih tinggi. Berdasarkan data pukul 06.00 WIB-12.00 WIB terjadi lima kali gempa vulkanik dalam serta 13  gempa vulkanik dangkal. Selain itu terjadi enam kali hembusan gas.

“Cuaca cerah-mendung, angin  tenang, asap putih tebal tinggi 80 m condong ke arah Timur. Tidak tercium bau belerang pada jarak 1000 m dari Kawah Timbang ke arah Selatan dan Barat,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono melalui pesan singkatnya kepada harianjogja.com, Senin (1/4/2013)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aktivitas hari ini fluktuatif dibanding sehari sebelumnya. Berdasarkan data pada 31 Maret 2013 pukul.00.00 WIB-08.09 WIB terjadi 20 kali gempa vulkanik dangkal dan satu kali gempa vulkanik dalam.

Sementara untuk pengukuran gas CO2 pada kedalaman 50 cm di bawah permukaan tanah sepanjang Kalisat, jarak 700m-1.500 m dari Kawah,Timbang arah Selatan hasilnya ditemukan gas berkisar 0,4%-5%.

Sedang pada jarak 1000 m pengukuran gas diudara tidak terdeteksi adanya gas berbahaya.  ”Rekomendasi tetap agar tidak ada aktivitas masyarakat pada jarak 1000 m dari KawahTimbang,” ujar Mbah Rono.

 

Sebelumnya Mbah Rono mengaku khawatir dengan Dieng. Salah satunya karena karakter Dieng yang menghembuskan gas beracun. Berbeda dengan gunung lain yang melontarkan material yang terlihat mata. ”Ibaratnya perang, kalau di Dieng itu musuhnya tidak terlihat,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya