SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa gempa bumi berkekuatan 2,3 SR menggoyang Dieng, Sabtu pukul 18.36 WIB. Gempa ringan itu disebabkan aktivitas sesar lokal.

“Pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat -7.12 Lintang Selatan dan 109.88 Bujur Timur, sekitar 2,5 km barat laut Dieng, pada kedalaman hiposenter 10 km,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan pihaknya mendapat laporan bahwa sebagian masyarakat Dieng dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya guncangan gempa bumi. Berdasarkan hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara diperoleh parameter gempa bumi dengan kekuatan 2,3 SR itu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Dieng I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hingga saat ini, tambah dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya