Kategori: Internasional

Diduga Teroris Muslim, Dua Pria Bacok Tentara Inggris Hingga Tewas


Solopos.com/Imam Yuda Saputra/JIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON—Seorang tentara Inggris menjadi korban pembacokan hingga tewas oleh dua pria yang diduga sebagai teroris. Para pelaku melakukan aksinya sambil meneriakan slogan muslim di tengah keramaian jalanan London selatan, Rabu (22/5/2013) siang waktu setempat.

Dari rekamanan video yang difilmkan oleh salah seorang saksi mata beberapa saat setelah kejadian, salah seorang pelaku terlihat marah dengan tangan berlumuran darah sambil membawa pisau daging yang telah berlumuran darah.

“Orang-orang Anda tak akan pernah aman. Hapus pemerintahan Anda. Mereka tak peduli pada Anda,” ujar salah satu pelaku.

Dari rekaman video itu diketahui pelaku berkulit hitam, berusia kisaran 20-30 tahun dengan mengenakan jaket olahraga dan celana jeans. Ia berbicara dengan aksen lokal, seperti yang terlihat dalam rekaman video yang ditayangkan stasiun televisi Inggris, ITV.

“Saya meminta maaf wanita melihat ini, tapi di tanah kami para wanita melihat hal yang sama,” imbuh pelaku.

Sesaat kemudian, berdasar pengakuan pihak kepolisian, mereka telah menembak pelaku dan membawanya ke dalam tahanan.

Sementara, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, yang tengah berada di Prancis, langsung mempersingkat kunjungannya untuk kembali ke London, seusai mendengar insiden itu. Ia langsung menggelar pertemuan membahas keamanan nasional darurat dan menyatakan bahwa aksi kedua orang itu merupakan indikasi dari serangan teroris.

Para pelaku menyerang korban saat siang hari bolong di jalanan sebelah tenggara kawasan Woolwich, yang berdekatan dengan barak militer.

Setelah membuat komentar di video, pria yang menenteng pisau berlumuran darah langsung berjalan kembali ke tempat kejadian dan berbicara dengan penyerang lainnya secara santai.

Laporan media di Inggris, dari pengakuan para saksi mata para pelaku meneriakan kata-kata “Tuhan Maha Besar” dalam bahasa Arab saat menikam korban. Pelaku juga berusaha untuk memenggal kepala korban.

Saksi mata berkata korban menggenakan kaos bertuliskan “Help for Heroes”, yang merupakan nama yayasan yang selama ini terkenal membantu para veteran Inggris. Inggris memiliki tentara yang dikerahkan ke Afganistan sejak 2001 dan memilik tentara di Irak pada 2003 hingga 2009.

“Polisi segera mencari fakta-fakta lengkap terkait kasus ini, tetapi ada indikasi kuat bahwa ini merupakan insiden teroris,” ujar Cameron sebelum memotong pembicaraannya dengan Presiden Prancis, Francois Hollande, dan segera kembali ke Inggris.

“Kami telah memiliki serangan sebelumnya di negara kami dan kami tak pernah goyah dalam menghadapi mereka.”

Pihak berwenang hingga saat ini belum memberikan konfirmasi tentang identitas korban. Namun, salah seorang sumber Reuters mengatakan bahwa korban kemungkinan salah seorang anggota militer.


Share
Imam Yuda Saputra

Dipublikasikan oleh
Imam Yuda Saputra

Berita Terkini

Kejam! Anak Bunuh Ibu Kandung di Perkebunan Pudak Wonogiri

Solopos.com, WONOGIRI -- Seorang wanita asal Dusun Pudak RT 003/RW 005, Kelurahan Wuryantoro, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, Ayu Parinem,… Read More

1 menit ago

Kwarnas Pramuka: Susur Sungai Bukan untuk Tingkat Penggalang

Solopos.com, SLEMAN – Kegiatan susur sungai berujung maut yang dilakukan 256 siswa SMPN 1 Turi, Sleman, DIY, Jumat (21/2/2020), menuai… Read More

22 menit ago

Kota Solo Supermacet, Inilah Beberapa Strategi Mengurai Macet di Sejumlah Negara

Solopos.com, SOLO – Kota Solo dirundung kemacetan. Perjalanan warga dalam kota sejauh sekitar 9 kilometer kini ditempuh 1,5 jam. Padahal,… Read More

28 menit ago

Kesaksian Siswa SMPN 1 Turi Sleman Selamat dari Tragedi Susur Sungai: Air Tiba-Tiba Datang dari Atas

Solopos.com, SLEMAN – Ahmad Bakir, seorang korban selamat dalam insiden susur sungai yang dilakukan siswa SMPN 1 Turi, Sleman, DIY,… Read More

42 menit ago

Siswa SMPN 1 Turi Susur Sungai Cuma Dibekali Tongkat, Polisi akan Periksa Pembina Pramuka

Solopos.com, SLEMAN -- Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Pol Asep Suhendar mengatakan pihaknya akan memeriksa pembina pramuka SMPN 1… Read More

1 jam ago

Pakar UGM: Susur Sungai Efektif Cegah Banjir Bandang, tapi…

Solopos.com, SOLO -- Kegiatan susur sungai yang dilakukan siswa SMPN 1 Turi, Sleman di Sungai Sempor menjadi pehatian karena menelan… Read More

1 jam ago