SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIiBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIiBI/Harian Jogja/dok)

SAMARINDA-DPP Golkar resmi mencalonkan Awang Farouk Ishak yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Kaltim, pada Pilgub Kaltim 2013 mendatang, meski yang Awang tersandung dugaan kasus korupsi.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepastian pencalonan Awang tertuang dalam Surat DPP Partai Golkar bernomor : R.390/GOLKAR/X/2012 tertanggal 13 Oktober 2012 perihal Pengesahan Pasangan Calon Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Surat itu, ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan Sekjend Idrus Marham.

Ekspedisi Mudik 2024

“Rapat di DPP, dipimpin langsung Pak Aburizal Bakrie. Golkar mencalonkan Awang Farouk Ishak sebagai incumbent dan calon wakilnya Mukmin Faisyal yang saat ini sebagai Ketua DPRD Kaltim,” kata Sekretaris DPD Golkar Kaltim, Ahmad Albert, dalam keterangan resminya seperti dikutip detikcom, Senin (15/10/2012).

Menurut Albert, dalam survey yang dilakukan salah satu lembaga survey nasional, Awang masih layak dan dikenal masyarakat Kaltim.

“Ada sekitar 4 orang calon lainnya yang kita survey, Pak Awang masih kita yakini bisa melanjutkan kepemimpinannya dan berkeyaninan tetap mendapat tempat yang baik di tengah masyarakat,” ujar Albert.

Ditanya wartawan terkait status tersangka kasus dugaan korupsi yang disandang Awang, Albert menegaskan Partai Golkar memandang persoalan terkait itu, belum menemukan kejelasan.

“Soal itu (status tersangka Awang Farouk Ishak) belum jelas bagi kami. Untuk menjelaskannya, itu di luar kapasitas kami untuk menjelaskannya,” sebut Albert.

Seperti diketahui, Awang Farouk Ishak ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung, terkait kasus dugaan korupsi divestasi saham PT Kaltim Prima Coal, tahun 2010 lalu. Hingga saat ini, kejaksaan belum melakukan pemeriksaan terhadap bersangkutan.

Pilgub Kaltim sendiri rencananya digelar digelar oleh KPUD Kaltim pada September 2013 mendatang, bersamaan secara serentak dengan pilkada Kota Tarakan dan pilkada Penajam Paser Utara. Sebelum Awang Farouk, PKS juga secara resmi telah mengusung Hadi Mulyadi sebagai calon Gubernur Kaltim, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya