Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Rumah warga di Jl Badak I, Lingkungan Karangrejo, RT 003/RW 004, Kelurahan/Kecamatan Karanganyar, terbakar pada Sabtu (28/9/2019) pukul 17.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Petugas masih menaksir kerugian akibat kebakaran tersebut. Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi kejadian, kebakaran bermula dari ruangan di bagian tengah rumah. Rumah tersebut ditinggali keluarga Budi Kurniawan. Saat kejadian Budi sedang berada di luar rumah sedangkan istri dan anaknya di rumah.

Salah satu warga di sekitar lokasi kejadian, Suhariyadi, menuturkan kebakaraan diduga bermula dari ruangan di bagian tengah rumah. Asap membumbung dari atap bagian tengah rumah. Kebakaran melahap atap rumah bagian tengah hingga belakang. Di sela-sela upata pemadaman, salah seorang warga membantu memutus aliran listrik di atap rumah supaya tidak membayakan petugas saat proses pemadaman.

"Kepulan asap pertama kali terlihat dari ruang di bagian tengah rumah. Untuk kamar tidur. Rumah menghadap selatan. Api membesar dan membakar bagian atap rumah," kata dia saat berbincang dengan wartawan di lokasi kejadian.

Pantauan Solopos.com, dua mobil pemadam kebakaran Kabupaten Karanganyar dan satu tangki BPBD Kabupaten Karanganyar datang ke lokasi kejadian. Petugas pemadam kebakaran, BPBD Karanganyar, Tim SAR, sukarelawan lain, dan warga berupaya memadamkan api.

Petugas kesulitan memadamkan api karena air di lingkungan sekitar tidak mengalir. Warga juga berupaya membantu mengeluarkan barang-barang yang masih dapat diselamatkan, seperti lemari, meja, peralatan elektronik, dan lain-lain.

Warga lain yang di sekitar lokasi kejadian, Suratman, menyampaikan salah satu anggota keluarga berteriak minta tolong saat melihat api. "Warga mau bantu memadamkan api tetapi tidak bisa. Air PAM tidak mengalir kalau siang. Paling hanya ngithir. Enggak bisa untuk memadamkan api. Sudah seperti itu beberapa bulan in," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar, Kurniadi Maulato, menyampaikan dugaan sementara kebakaran karena hubungan pendek arus listrik. Dia mengimbau warga berhati-hati dan waspada.

"Tolong dicek kondisi alat elektronik. Pastikan dalam kondisi baik. Dan jangan lupa mematikan peralatan elektronik maupun listrik apabila hendak pergi dalam jangka waktu lama," tutur dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten