SOLOPOS.COM - Ilustrasi obat kuat. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabar meninggalnya pasangan suami istri (pasutri) di salah satu hotel di Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Senin (3/10/2022), membuat publik penasaran. Apalagi penyebabnya diduga karena obat kuat yang mereka minum.

Sejauh mana manfaat dan efek buru obat kuat bagi kesehatan? Apakah dampaknya bisa sefatal itu?

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Mengutip artikel yang diterbitkan alodokter.com, obat kuat umumnya dikonsumsi oleh pria yang mengalami masalah seksual. Terutama ejakulasi dini. Dengan meminum obat kuat, masalah tersebut relatif bisa diatasi. Obat kuat juga membuat pria merasa lebih percaya diri untuk bisa memuaskan pasangannya dalam berhubungan seksual.

Namun di balik manfaat obat kuat, ada pula dampak buruk yang bisa ditimbulkan. Kadang banyak dari penggunanya yang tak paham atau tak terlalu peduli soal dampak buruk ini. Ada baiknya pula kita perlu mengetahui cara kerja obat kuat ini.

Obat kuat pria seperti sildenafiltadalafilvardenafil, dan avanafil, adalah jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk menangani disfungsi ereksi. Obat tersebut bekerja dengan mengoptimalkan efek nitrat oksida, yakni senyawa kimia alami dari dalam tubuh untuk melemaskan otot penis.

Baca Juga: Diduga Minum Obat Kuat, Penyebab Pasutri Baru asal Mojosongo Solo Meninggal

Ketika mengonsumsi obat kuat pria, aliran darah ke penis akan meningkat dan sinyal rangsangan seksual yang dikirimkan dari otak ke saraf-saraf penis mengguat. Dengan begitu, ereksi menjadi lebih maksimal.

Meski diketahui ampuh untuk mengatasi disfungsi ereksi, penggunaan obat kuat pria tetap harus disertai dengan rangsangan seksual untuk memaksimalkan efeknya.

Obat kuat pria aman dikonsumsi jika sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat kuat pria apabila menderita beberapa kondisi seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit liver.

Anda juga harus waspada jika punya penyakit liver, ginjal, hipertensi, gangguan pembekuan darah, kelainan sel darah, dan retinitis pigmentosa.  

Efek samping yang mungkin timbul akibat mengonsumsi obat kuat antara lain pusing, kulit memerah dan terasa gatal, nyeri perut, dan sensitif terhadap cahaya. Selain itu penglihatan kabur dan kesulitan membedakan warna biru dan hijau.

Baca Juga: Pasutri MD di Karanganyar, Ditemukan Pasak Bumi Stamina Pria dan Obat Pelumas

Seperti diberitakan, polisi menemukan satu botol minuman suplemen pasak bumi stamina pria hingga cairan pelumas dalam keadaan kosong di sekitar jasad pasutri asal Mojosongo, Jebres, Kota Solo.

Pasutri baru menikah empat hari ini berinisial BS, 30, dan BH, 27. Mereka ditemukan meninggal di dalam kamar salah satu hotel di wilayah Karangpandan, Karanganyar pada Senin (3/10/2022).

Kasi Penmas Humas Polres Karanganyar, Bripka Sakti mengatakan selain obat kuat pria, juga ditemukan satu strip obat diare. Obat ini sudah digunakan satu butir.

Kemudian ditemukan satu botol cairan pelumas di kamar mandi serta pakaian kedua korban. Saat ditemukan jasad korban sudah mengeluarkan bau. Diduga korban telah meninggal pada Minggu (1/10/2022).

Baca Juga: Pasutri Asal Mojosongo Solo Meninggal di Kamar Hotel Di Karanganyar

“Korban terakhir komunikasi dengan resepsionis Minggu sekitar pukul 12.00 WIB. Korban meminta tambahan waktu sekitar pukul 16.00 WIB,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (4/10/2022).

Berdasarkan keterangan dokter jaga RSUD Karanganyar yang dipimpin dr Narti, penyebab kematian dari kedua korban diduga minum obat kuat sehingga memacu denyut jantung yang mengakibatkan pembuluh darah pecah. Dalam kejadian tersebut korban tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya