SOLOPOS.COM - Ilustrasi gantung diri. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, BANTUL — Seorang aparatur sipil negara (ASN) di salah satu kampus negeri di Jogja berinisial K meninggal dunia dengan kondisi gantung diri. Pria berusia 57 tahun ini diketahui meninggal gantung diri di ruamhnya di wilayah Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (16/3/2023) sekitar pukul 13.30 WIB.

Kepala Seksi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan ASN berinsiail K itu diduga bunuh diri akibat stres lantaran hendak pensiun dari pekerjaannya. Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh Muslikhah yang merupakan tetangga K.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Pada Kamis pagi, staf kampus negeri itu diketahui duduk-duduk di teras sekitar pukul 09.00 WIB.

“Korban masuk ke dalam rumah sekitar pukul 12.30 Wib. Saksi mata sudah mendapati korban sudah dalam kondisi leher tergantung menggunakan sarung di pintu kamar ketika memasuki rumah,” ujarnya, Jumat (17/3/2033).

Kejadian itu kemudian dilaporkan kepada petugas Polsek Pleret. Aparat lantas mendatangi tempat kejadian perkara dan melakukan pemeriksaan. Lewat pemeriksaan itu, keluarga K membeberkan bahwa K memang mengalami stres atau depresi.

“Pada bulan November tahun lalu korban diketahui juga sempat mencoba bunuh diri dengan meminum racun serangga. Padahal dirinya Juni nanti pensiun sebagai staf kampus,” kata Jeffry.

Dia menambahkan, K diketahui juga memiliki gangguan psikologis. Korban disebut rutin menjalani pengobatan dan kontrol psikiater pada salah satu rumah sakit di Bantul. Pada tubuh korban juga tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dan kemungkinan sudah meninggal 2-4 jam sebelum ditemukan oleh saksi.

“Pihak keluarga sudah menerima kejadian tersebut, serta tidak menginginkan adanya upaya otopsi,” pungkas Jeffry.

Catatan Redaksi:

Berita ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapapun melakukan hal serupa. Bila Anda atau teman Anda menunjukkan adanya gejala depresi yang mengarah ke bunuh diri, silakan menghubungi psikolog atau layanan kejiwaan terdekat. Anda juga bisa menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Diduga Stres, PNS di Bantul Tewas Gantung Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya