SOLOPOS.COM - Ilustrasi kembang api (Dok/JIBI/Solopos)

PON XIX akan diwarnai atraksi 20.000 kembang api canggih yang peralatannya didatangkan dari Amerika Serikat.

Solopos.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher), menjanjikan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang spesial di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage Bandung, Sabtu (17/9/2016). Sebanyak 20.000 kembang api yang mampu terbang hingga ketinggian 100 meter akan memeriahkan pembukaan ajang olahraga terbesar se-Nusantara itu.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Dikutip Solopos.com dari sportku.com, Jumat (16/9/2016), Aher mengaku telah mengecek persiapan akhir upacara pembukaan PON. Gladi resik dilakukan Kamis (15/9/2016) malam untuk memastikan kegiatan berjalan lancar. Aher mengatakan malam pembukaan PON akan dimeriahkan pesta kembang api spektakuler.

Sebanyak 20.000 kembang api akan “menari-nari” di langit Stadion Gelora Bandung Lautan Api selama delapan menit. “Kembang api diletakkan 200 meter dari gelora. Paling tinggi sampai 100 meter. Yang jelas atraksi kembang api ini belum pernah ada di Bandung,” ujarnya.

Desainer atraksi kembang api, Donny Rochyadi, mengatakan peluncuran kembang api akan menggunakan teknologi canggih. Peralatan yang digunakan yakni fireone sudah berstandar internasional dan khusus didatangkan dari Amerika Serikat. Menurut Donny, masyarakat sekitar Kota Bandung akan dapat menikmati atraksi saking megahnya sajian kembang api.

Selama penyalaan kembang api, masyarakat akan dihibur sajian musik dari seniman Bandung dan Jawa Barat. Lebih jauh Aher mengatakan upacara pembukaan yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo ini tidak akan berlangsung terlalu formal. Selain deretan hiburan, panitia menyiapkan video mapping di penjuru stadion. Video mapping terbesar yang pernah dibuat dalam PON itu akan menyampaikan pesan kesatuan antara seni, budaya, lingkungan dan teknologi.

Pembukaan PON XIX juga dimeriahkan 19 atlet legendaris Indonesia. Mereka termasuk empat atlet peraih medali di ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil. Manajer Tim Kreatif Bidang Upacara PON Jawa Barat, Satria Yanuar Akbar, mengatakan ke-19 nama atlet tersebut masih dirahasiakan.

“Masih rahasia. Yang jelas ada empat atlet peraih medali Olimpiade kemarin,” ujarnya yang dipublikasikan bappeda.jabarprov.go.id.

Adapun pembukaan PON juga akan dimeriahkan 3.000 penari dari berbagai sanggar dan komunitas. Artis nasional yang terlibat di acara di antaranya Dira Sugandi, Armand Maulana, Dwiki Dharmawan, dan Andi RIF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya