SOLOPOS.COM - Amanda Berry (kiri) dan Georgina Lynn DeJesus, dua remaja yang menjadi korban penculikan 10 tahun silam terlihat dalam foto yang diedarkan aparat keamanan. Kedua ditemukan dalam kondisi hidup di Cleveland, Ohio, AS, Senin (6/5/2013) bersama seorang perempuan lain, Michelle Knight. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Amanda Berry (kiri) dan Georgina Lynn DeJesus, dua remaja yang menjadi korban penculikan 10 tahun silam terlihat dalam foto yang diedarkan aparat keamanan. Kedua ditemukan dalam kondisi hidup di Cleveland, Ohio, AS, Senin (6/5/2013) bersama seorang perempuan lain, Michelle Knight. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Amanda Berry (kiri) dan Georgina Lynn DeJesus, dua remaja yang menjadi korban penculikan 10 tahun silam terlihat dalam foto yang diedarkan aparat keamanan. Kedua ditemukan dalam kondisi hidup di Cleveland, Ohio, AS, Senin (6/5/2013) bersama seorang perempuan lain, Michelle Knight. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

CLEVELAND – Tiga perempuan yang diculik saat remaja 10 tahun silam ditemukan hidup, Senin (6/5/2013) di sebuah rumah di Cleveland, Ohio, AS. Lokasi itu dekat dengan tempat dua di antara mereka kali terakhir dilaporkan terlihat. Seorang pengemudi bus sekolah juga sudah ditangkap terkait hilangnya ketiga perempuan itu.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Seorang warga setempat mengaku mendengar jeritan dan mendatangi rumah di mana dia menemukan seorang perempuan, Amanda Berry, yang dilaporkan hilang saat remaja. Dia lantas meminjamkan ponselnya untuk menelepon polisi. “Tolong…. Saya Amanda Berry … Saya diculik dan sudah hilang 10 tahun. Saya di sini, saya bebas …,” suara Amanda yang terbata-bata terdengar dalam rekaman teleponnya dengan operator layanan darurat 911 yang dirilis polisi. Dalam panggilan telepon itu Amanda menginformasikan nama orang yang diduga menculiknya. Dia juga melaporkan bahwa orang itu “sedang keluar rumah” dan meminta polisi segera datang.

Warga yang menemukan Amanda, Charles Ramsey, dalam wawancara yang ditayangkan CNN menyebut saat dia datang Amanda terlihat berusaha keras keluar dari pintu yang tidak bisa terbuka sempurna. “Saya lihat dia seperti kesetanan berusaha keluar,” katanya. Dia pun sangat kaget ketika Amanda memberitahukan jati dirinya. “Saya pikir dia sudah mati sejak hilang bertahun-tahun lalu. Menurut dia, Amanda kemudian keluar dari rumah itu dengan seorang gadis kecil.

Total ada tiga perempuan yang kemudian dibawa ke rumah sakit lokal, MetroHealth Medical Center, di mana dr Gerald Maloney kepada pers kemudian menyatakan ketiganya selamat dan dalam kondisi yang baik. Dua perempuan yang ditemukan bersama Amanda, yang kini berusia 26 tahun, diidentifikasi sebagai Gina DeJesus, 23, yang hilang tahun 2004 silam dalam usia 14 tahun dan dan Michelle Knight, yang dilaporkan hilang dalam usia 20-an tahun lebih dari 10 tahun silam.

Amanda kali terakhir terlihat pulang dari tempat kerjanya di sebuah restoran makanan cepat saji sehari sebelum HUT ke-17 dirinya. Dalam peringatan 10 tahun hilangnya Amanda, kerabat dan para aktivis menggelar acara khusus dan pihak berwenang juga kembali mengingatkan bahwa ada hadiah US$25.000 untuk informasi yang mengarah pada penemuannya. Yang menyedihkan, seperti diungkapkan anggota Dewan Kota Cleveland Dona Brady, ibu Amanda sudah meninggal dalam usia 47 tahun, kemungkinan akibat rasa derita yang berkepanjangan akibat hilangnya putrinya itu.

Polisi mengidentifikasi tersangka penculik sebagai Ariel Castro, 52, seorang pegemudi bus sekolah di Cleveland. Pamannya, Caesar Castro, yang memiliki sebuah toko di jalan yang sama dengan rumah tempat penemuan ketiga perempuan itu, mengakui bahwa rumah itu milik keponakannya. Dia juga menyebut keluarganya dan keluarga DeJesus, salah satu korban penculikan, tumbuh bersama. “Semua kaget,” katanya. Keponakannya itu disebutnya sebagai orang baik dan gemar bermain musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya