SOLOPOS.COM - Petugas Puskesmas Jaten I mengambil dan mengumpulkan limbah medis oleh Pemdes Suruhkalang di jembatan Sanggrahan, Suruhkalang, Jaten, Karanganyar, Rabu (30/12/2020). (Solopos.com/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Polisi masih menelusuri dan mengumpulkan keteranganan dalam meyelidiki kasus pembuangan limbah medis yang ditemukan di Desa Suruhkalang, Jaten, Karanganyar beberapa waktu lalu.

Pengecekan dilakukan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang ada dalam radius tertentu. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Tegar Satrio Wicaksono, kepada Solopos.com, Senin (4/1/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Terima 55 Bulan Remisi, Abu Bakar Ba'asyir Akhirnya Bebas Murni

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah orang. Beberapa lokasi Fasyankes di sekitar lokasi temuan pembuangan limbah medis di Karanganyar itu juga akan dicek. Pengecekan dilakukan untuk memastikan apakah tempat tersebut sudah memiliki sarana pengolahan limbah medis.

“Kami akan mengecek dalam radius 5 kilometer dari lokasi temuan limbah medis. Di sana ada sekitar enam atau delapan Fasyankes yang akan kami cek nanti,” jelas dia.

Sekeluarga Asal Malang Kecelakaan di Tol Sragen, 1 Meninggal

Meskipun begitu, Kasatreskrim Karanganyar mengaku belum bisa menentukan pasal yang bisa dikenakan untuk menjerat pelaku pembuang limbah medis. Hal tersebut nantinya akan menyesuaikan hasil pengumpulan keterangan dan penyelidikan yang saat ini masih dilakukan.

“Masih kami gelar [penyelidikan]. Kalau sudah menemukan siapa yang membuangnya dan berapa kali dia membuangnya sembarangan, nanti baru bisa menentukan pasal apa yang bisa digunakan untuk menjerat pelaku. Limbah kan macam-macam, kami perlu gelar perkara dalam penentuan pasalnya,” imbuh dia.

Terpisah Plt. Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan sudah memerintahkan petugas Puskesmas terdekat untuk mengecek lokasi. Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait hal tersebut.

Taman Jlengut Jadi Objek Wisata Anyar di Desa Karangduren Klaten, Tiket Masuk Cuma Rp5.000

Sebelumnya, warga dan Pemdes Suruhkalang, Jaten, Karanganyar menemukan adanya tumpukan limbah medis berisi jarum dan tabung suntik serta botol bekas obat yang terbungkus kantong plastik dibawah tumpukan sampah popok dekat jembatan Dukuh Sanggrahan RT 003/ RW 003 Desa Suruhkalang, Selasa (29/12/2020).

Temuan terjadi saat masyarakat desa mengadakan kegiatan bersih desa di beberapa titik lokasi tempat pembuangan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya