SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA-Bidang Pengembangan Sumber Daya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PSD UMKM) Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja mulai berupaya melakukan pendataan wirausaha muda Kota Jogja.

Disperindagkoptan juga mencanangkan 1 kelurahan 2 wirausaha muda.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Suyamto, dari Balai Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan pengembangan potensi pemuda dalam kewirausahaan diperlukan untuk menyongsong Asean Economic Community 2015.

“Pengembangan potensi pemuda, dalam kepemimpinan, kepeloporan, dan kewirausahaan masih belum optimal,” tutur Suyamto, dalam Pembinaan Kepemudaan Kota Jogja, di Ruang Utama Atas Balaikota Jogja, Kamis (5/6/2014).

Ditemui terpisah, pihak PSD UMKM Disperindagkoptan Kota Jogja, saat ini berupaya menggalakkan wirausaha muda di lingkungan Kota Jogja, melalui beragam agenda. Salah satunya Home Businness Camp, bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi swasta, sebagai pendamping.

“Dari kegiatan ini, kami ingin ada minimal 2 anak muda dari tiap-tiap kelurahan di lingkungan Kota Jogja. Mereka akan dibimbing, dan diberi mentoring, sehingga, minimal ada 90 wirausaha muda baru tahun ini,” ujar Tri Karyadi Riyanto Raharjo, kepala bidang PSD UMKM Disperindagkoptan Kota Jogja.

Dari dua orang tersebut, akan diseleksi lagi, untuk diikutkan ke dalam seminar, sharing bisnis bersama pengusaha, diberikan mentoring manajemen keuangan, pelayanan, dan ekspansi usaha. Para peserta akan diberikan pembinaan bisnis selama satu tahun.

“Kami harapkan mereka memunyai ide bisnis dari hobi, agar mereka bisa mengembangkannya dengan baik. Diutamakan berusia 18-35 tahun. Bila berminat, silakan menghubungi kelurahan, mulai 2-10 Juni 2014. Karena Home Businness Camp diadakan mulai 14 Juni 2014,” lanjut Tri, di kantornya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya