SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Ma’ruf Amin memperingati 100 tahun kedatangan orang Korean di Indonesia di kediaman resmi di Jakarta, Minggu (20/9/2020). (Antara-Sekretariat Komunikasi dan Informasi Publik Wapres)

Solopos.com, SOLO — Wakil Presiden atau Wapres Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, bakal menghadiri pembukaan Annual International Conference and Islamic Studies (AICIS) 2021 di The Sunan Hotel, Solo, Senin (25/10/2021).

Agenda bertema Islam in a Changing Global Context (Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy) itu rencananya digelar secara virtual pada Senin-Kamis (26/10/2021) dan diikuti 21 negara partisipan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Negara peserta AICIS yakni Filipina, Malaysia, Thailand, Mesir, Korea Selatan, Jepang, Norwegia, Finlandia, Belanda, Inggris Raya, Amerika Serikat, Qatar, Kuwait, Brunei Darussalam, UEA, Singapura, Srilanka, Madagaskar, India, Pakistan, dan Indonesia.

Sebagai informasi, AICIS merupakan wadah bertemunya para pemikir dan pemangku kepentingan studi Islam dari penjuru dunia. Acara yang sudah memasuki tahun ke-20 itu diharapkan menjadi barometer perkembangan kajian Islam dunia.

Baca Juga: Klaster PTM Solo, Ini Kata Dokter Reisa Jubir Pemerintah untuk Covid-19

Ini merupakan kali pertama AICIS digelar melalui konferensi virtual sejak penyelenggaraan awal tahun 2000 lalu. AICIS di Solo yang dibuka Wapres tersebut rencananya memakai platform berbasis digital yakni AICIS Onetouch dalam pelaksanaan konferensi.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Syafi’i, mengatakan Wapres Ma’ruf Amin dipastikan memberi sambutan dan membuka kegiatan AICIS 2021 pada Senin.

Kehadiran Wapres di agenda AICIS menjadi momentum penting dan strategis mengingat AICIS telah memberi warna tersendiri bagi perkembangan studi Islam di Indonesia. Sebelumnya, kegiatan serupa selalu dibuka Menteri Agama.

Baca Juga: Urusan Busana Wali Kota Gibran Agak Susah Dipahami, Begini Kata Selvi

Diskusi Panel

“Wapres hadir bukan hanya memberikan sambutan, melainkan juga mengikuti kegiatan sejak awal hingga akhir acara pembukaan,” ujar Syafi’i dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan AICIS yang dibuka Wapres di Solo akan digelar dalam diskusi panel selama empat hari dengan beragam pembahasan terkait dengan Islam. Mulai dari kajian naskah, moderasi beragama, lingkungan, politik, produk halal, dan lain sebagainya.

Munculnya pandemi Covid-19 turut memberikan pemikiran baru bahwa fikih (hukum Islam) perlu berjalan sesuai perkembangan zaman agar warga dapat beradaptasi dengan wabah tersebut. Reaktualisasi konsep fikih juga perlu diangkat karena perkembangan teknologi telah mengubah sejumlah sendi kehidupan manusia.

Baca Juga: 60.000 Vaksinasi Keraton Solo Mencakup Warga Ponorogo hingga Pacitan

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Suyitno, menilai persiapan AICIS telah berjalan dengan baik meski ini kali pertama konferensi digelar secara virtual. Ia mengatakan aplikasi AICIS Onetouch sangat memudahkan partisipan yang hedak mengikuti 82 panel.

Tahun ini Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo didapuk menjadi tuan rumah pelaksanaan AICIS. “Solo sudah siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya