SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memukul gong tanda dibukanya pameran produk UMKM dan budaya di Paris, Prancis, Kamis (9/6/2022). (Youtube Gibran Rakabuming)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi membuka pameran produkUMKM dan budaya bertajuk Java In Paris di Le BHV Marais, Paris, Prancis, Kamis (9/6/2020) waktu setempat. Le BHV Marais merupakan salah satu department store terbesar di Prancis, bagian dari jaringan Galeries Lafayette.

Ada seribuan produk UMKM lokal yang dipromosikan di salah satu kiblat fashion dunia tersebut, antara lain batik Solo, anyaman, kerajinan tangan, hingga kopi asal Indonesia,. Program itu merupakan komitmen Pemerintah Kota Solo dalam mendukung UMKM Solo naik kelas dan berdaya saing global.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemkot Solo bekerja sama dengan Shopee, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Le BHV Marais Paris dalam upaya promosi selama satu bulan mulai 8 Juni sampai 17 Juli 2022. Turut hadir pada pembukaan pameran, yakni Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk ?Prancis, Andorra, Monako, serta Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Mohamad Oemar.

Selain itu juga Co-Founder & Chief Operating Officer Sea, Ye Gang; dan Direktur BHV Marais and Home & Eataly Paris Marais Purchasing, Amandine de Souza. Oemar menjelaskan pembukaan pameran produk di Paris itu membanggakan untuk Indonesia khususnya para kreator serta pelaku UMKM termasuk dari Solo.

“Kami menjalin kolaborasi dengan berbagai pemain kunci dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat, desainer, perwakilan Indonesia di Paris untuk bekerja sama dengan entitas di Paris untuk menampilkan karya terbaik supaya diterima,” katanya saat jumpa pers yang ditayangkan kanal Youtube Gibran Rakabuming, Kamis siang.

Baca Juga: Wow! Gibran Bawa 1.200 Item Produk UMKM Solo Ke Pameran Di Paris

Menurutnya, Paris dipilih karena merupakan pusat karya kreatif dunia, fesyen, kuliner, perhiasan, dan kerajinan. Program itu merupakan kesempatan UMKM Indonesia khususnya dari Kota Solo untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat Paris dan Internasional.

Meningkatkan Level UMKM

“UMKM banyak kesempatan dan saya yakin ini bukan event satu-satunya di tahun ini namun ada event lain. Saya berharap teman-teman UMKM yang hadir ini bisa lebih meningkatkan levelnya. Menaikkan produknya, memperbaiki packaging-nya. Ini merupakan momen yang baik untuk menembus pasar dunia,” paparnya dalam pembukaan pameran produk UMKM Solo di Paris itu.

Amandine mengatakan kerja sama itu ditunggu sebab selama ini tidak terlalu banyak orang yang mengenal Indonesia. Kerja sama itu dapat mengenalkan publik Prancis mengenai sesuatu yang otentik dari Indonesia yang sesuai dengan selera masyarakat Prancis.

Baca Juga: 5 Hari Di Paris, Gibran Akan Jualan Produk Unggulan UMKM Solo

“Ini kesempatan warga Paris untuk mendapatkan pengalaman mengenai Indonesia dan belajar lebih lanjut mengenai produk Indonesia yang sifatnya autentik dan asli serta ada unsur modernnya. Melalui pameran di tempat-tempat yang diakui UNESCO itu juga akan membawa bayangan keindahan alam Indonesia yang bisa mengundang turis Prancis ke Indonesia,” paparnya.

Dia menjelaskan para pengunjung pameran itu beragam dari usia muda sampai tua dan biasanya mereka senang dengan apa yang ditawarkan. Para pengunjung tidak hanya membeli namun bisa menjalin kerja sama.

Seperti diberitakan, saat ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ini sedang berada di Paris untuk mendampingi para pelaku UMKM Solo memamerkan produk di kota tersebut. Dalam talkshow yang juga ditayangkan di kanal Youtube Gibran Rakabuming sebelumnya disebutkan ada 1.200 item produk yang dibawa ke pameran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya