Tutup Iklan
Harry Maguire bergabung dengan Manchester United. (Twitter-@ManUtd)

Solopos.com, MANCHESTER — Harry Maguire tampaknya bakal memikul beban mahaberat setelah resmi bergabung dengan Manchester United (MU) dari Leicester City dengan mahar 80 juta poundsterling (Rp1,3 triliun). Bagaimana tidak, nilai pembelian tersebut memecahkan dua rekor transfer berbeda.

Dilansir Daily Mail, Senin (5/8/2019), Maguire kini menjadi bek termahal dunia, menggeser Virgil van Dijk yang didatangkan Liverpool dari Southampton senilai 75 juta poundsterling pada Januari 2018. 

Selain rekor sebagai bek termahal, rekor transfer lain yang dipecahkan oleh Maguire adalah rekor sebagai pemain termahal Inggris. Maguire menggeser rekor sebelumnya atas nama Kyle Walker yang bernilai 53 juta poundsterling saat pindah dari Tottenham Hotspur ke Manchester City pada 2017.

Keberhasilan Leicester menjual Maguire dengan nilai 80 juta poundsterling merupakan keuntungan besar bila melihat dari segi finansial. Sebab, Leicester hanya mengeluarkan uang 17 juta poundsterling ketika membeli Maguire dari Hull City dua tahun lalu. 

Bersama The Foxes, Maguire mengalami peningkatan kualitas yang pesat. Maguire bahkan mendapatkan panggilan dari tim nasional untuk kemudian jadi pilihan reguler di tim inti Three Lions. 

“Maguire adalah salah satu bek tengah terbaik di sepak bola saat ini dan saya senang bisa mengamankan tanda tangannya. Dia pembaca pertandingan yang bagus dan sosok yang kuat di lapangan,” ujar pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Bek 26 tahun itu bakal berada di Old Trafford enam tahun ke depan. Maguire mendapat tantangan besar untuk mengembalikan ketangguhan lini belakang MU. Beberapa musim terakhir, sektor pertahanan sering disebut sebagai titik terlemah Setan Merah. Maguire mengaku tak bisa menolak apabila tim sekelas United menginginkan servisnya. 

“Dari obrolan saya dengan manajer, saya bersemangat mendengar visi dan rencana yang dia punya untuk tim. Terlihat jelas bahwa Ole membangun tim untuk meraih trofi. Sekarang saya tak sabar untuk bertemu teman-teman setim baru saya dan memulai musim,” ujar Maguire. 

Saga transfer Maguire bisa dibilang sangat panjang karena MU sudah meminati sang bek sejak musim 2017/2018. Sebulan terakhir United kembali menyeriusi transfer tersebut dan bersaing dengan Manchester City. United akhirnya memenangi persaingan setelah berani merogoh kocek dalam untuk bek tinggi besar itu. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten