SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat bersama perusahaan-perusahaan teknik dan konstruksi, membentuk Jaringan Kemitraan Penanggulangan Bencana. Jaringan tersebut merupakan yang ketiga di dunia setelah India dan Meksiko.

Pembentukan jaringan kemitraan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Disaster Response Partnership (DRP) Indonesia Networks di Kantor Kemenkesra, Jumat (27/1). Nota kesepahaman tersebut berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang, diubah, diakhiri, atau dibatalkan setiap waktu sesuai persetujuan kedua belah pihak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menyatakan, pembentukan jaringan kemitraan dimaksudkan untuk merespons bencana di daerah. Terlebih, mengingat besarnya potensi bencana di Indonesia.

Menurut Agung, jaringan kemitraan akan dimobilisasi untuk bencana alam yang berskala besar misalnya tsunami, gempa bumi, dan banjir. Namun, dia mengakui dibutuhkan teknik-teknik khusus agar dapat melakukan evakuasi dengan cara cepat, tepat dan tidak menimbulkan korban baru. [tempo/ard]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya