Dibekuk, 2 Pemuda Sukoharjo Ngaku Pakai Gunting untuk Curi Motor

Polres Sukoharjo membongkar kasus pencurian sepeda motor (curanmor) yang belakangan marak terjadi di wilayah Kabupaten Makmur. Dua pelaku merupakan mekanik cat mobil berhasil dibekuk aparat kepolisian dalam kasus tersebut.

Dibekuk, 2 Pemuda Sukoharjo Ngaku Pakai Gunting untuk Curi Motor

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian sepeda motor (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Polres Sukoharjo membongkar kasus pencurian sepeda motor (curanmor) yang belakangan marak terjadi di wilayah Kabupaten Makmur. Dua pelaku merupakan mekanik cat mobil berhasil dibekuk aparat kepolisian dalam kasus tersebut.

Kedua pelaku curanmor berasal dari Sukoharjo bernama Ronnyka Apriliyan, alias Bintang, 22, dan Wakid Rizal Prihananto, 20.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan kedua pelaku melancarkan aksinya mencuri sepeda motor Suzuki Satria FU Nopol AD 2164 ACB di Masjid Baitul Makmur Bendosari, Sukoharjo, pada 19 Agustus lalu.

"Kedua pelaku ini menggunakan gunting untuk menggondol motor korban," ungkap Kapolres, Jumat (30/8/2019).

Menurut Kapolres, modus pencurian yang dilakukan pelaku terhitung baru kali pertama terjadi di wilayah hukum Polres Sukoharjo. Biasanya pelaku curanmor menggunakan kunci letter T dan kunci palsu.

Tapi kedua pelaku ini menggunakan gunting dengan memotong kabel starter. Kemudian dirangkai kembali untuk menghidupkan kembali motornya dengan cara manual.

"Kedua pelaku ini saling berbagi peran. Ronnyka menjadi joki sedangkan Wakid sebagai eksekutor," tuturnya.

Berdasarkan keterangan korban, kepolisian memburu pelaku curanmor. Kedua pelaku diringkus di daerah Seliran, Jetis, Sukoharjo.

Dari tangan pelaku Polres Sukoharjo juga berhasil mengamankan dua motor curian yakni satu unit motor Yamaha Jupiter Nopol AD 2403 QB dan Satria FU yang digunakan untuk sarana pencurian. Selain itu satu unit handphone, satu buah gunting, dan satu buah kunci.

Atas perbuatannya kedua pelaku dikenai pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Di hadapan penyidik, pelaku mengaku telah dua kali melakukan curamor menggunakan gunting, yakni di Mulur, Bendosari, dan di Masjid Baitul Makmur, Bendosari. Pelaku nekat mencuri motor lantaran kekurangan uang untuk minum-minum.

"Saya belajar secara otodidak. Dari kontak motor saya putus soketnya menggunakan gunting. Kemudian disambungkan lagi untuk dihidupkan secara manual," kata salah seorang pelaku. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.