Dibayangi Pelemahan Rupiah, IHSG Hari Ini Diprediksi Masih Tertekan

 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih cenderung melemah pada perdagangan, Kamis (29/9/2022) di tengah kejatuhan bursa global.

 Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih cenderung melemah pada perdagangan, Kamis (29/9/2022) di tengah kejatuhan bursa global.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pola gerak IHSG menjelang akhir kuartal yang ketiga masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi tekanan yang terlihat belum akan berakhir.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Pergerakan market global maupun regional terlihat masih membayangi pergerakan IHSG saat ini,” paparnya dalam riset.

Minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan IHSG karena masih terjadinya perlambatan ekonomi juga turut membayangi pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Hari ini IHSG berpotensi melemah dalam rentang 6.998 – 7.236. Rekomendasi saham pilihannya adalah BBCA, GGRM, LSIP, BBNI, TLKM, BSDE, UNVR. Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup pada posisi 7.077,03 atau turun 0,49 persen pada Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup melemah didorong kekhawatiran akan kenaikan suku bunga yang lebih tinggi bahkan akan bertahan hingga 2023.

Hal tersebut diperkirakan akan mendorong perekonomian melemah dalam jangka panjang. Dennies memprediksi IHSG akan kembali melemah pada perdagangan hari ini.

Secara teknikal, candlestick long black body dengan volume rendah dan stochastic membentuk deadcross, namun bergerak di sekitar area oversold sehingga pergerakan diperkirakan akan terbatas.

Sementara pergerakan akan minim sentimen dari data ekonomi. Di sisi lain, pelemahan nilai tukar rupiah masih akan menjadi faktor penekan.

Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 7.019 dan 7.048 serta resistance 7.131 dan 7.185. Beberapa rekomendasi saham untuk perdagangan hari ini adalah WIIM, RALS, EXCL.

Baca Juga: Ikut Luncurkan Saham Rakyat, Kaesang Pangarep: Investasi Saham Tidak Rumit

Sepanjang perdagangan kemarin IHSG bergerak pada rentang 7.073,47 – 7.156,98. Tercatat, 147 saham menguat, 391 saham melemah dan 148 saham bergerak di tempat.

Kapitalisasi pasar terpantau pada posisi Rp9.320,69 triliun. PT Agung Menjangan Mas Tbk (AMMS) terpantau menjadi saham dengan koreksi terbesar hari ini setelah turun 9,52 persen ke Rp133.

Saham lain yang terpantau melemah adalah PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang turun 5,71 persen ke Rp132, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) yang terkoreksi 5,64 persen ke level Rp3.850 serta PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dengan pelemahan 2,04 persen ke Rp1.925.

Tak ketinggalan, saham PT Black Diamond Resources Tbk. (COAL) anjlok 6,91 persen, dan saham PT Bumi Resources Mineral Tbk. (BRMS) tergelincir 6,63 persen.

Saat IHSG melemah, saham emiten rokok seperti PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) mampu menguat 6,78 persen, dan saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) naik 3,95 persen.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Siaga Nataru, PLN Turunkan 5.574 Personel Pastikan Keandalan Listrik Jateng-DIY

      PLN menggelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru untuk mengamankan keandalan pasokan listrik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di halaman kantor PLN UP3 Yogyakarta pada Senin (5/12/2022).

      Izin WanaArtha Dicabut OJK, Transaksi Gelap Asuransi Naik 284,8 Persen

      Hingga Oktober 2022, jumlah transaksi mencurigakan asuransi mencapai angka 2.155 kasus. Jumlah ini naik 284,8 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2021 yang hanya 560 kasus. 

      Cara Praktis Mengambil Uang di Mesin ATM Tanpa Menggunakan Kartu

      Kini nasabah bank tak perlu bingung jika pada saat mengharuskan untuk tarik tunai namun tidak membawa kartu debit dan hanya membawa handphone.

      Formasi Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Cari Tahu Yuk!

      Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2022 batch 2. Lantas apa saja formasinya?

      Transisi Energi, Erick Thohir Beberkan Alasan Indonesia Tak Tiru Negara Lain

      Erick Thohir menyebutkan cetak biru penghentian dini PLTU berkapasitas total 15 Giga Watt (GW) terus dilakukan secara bertahap.

      Laba BUMN Tembus Rp155 Triliun Kuartal III/2022, Lampaui Setahun 2021

      Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan laba bersih konsolidasi BUMN per kuartal III/2022 telah melampaui kinerja setahun penuh pada 2021.

      Gelombang PHK Berlanjut! OYO Hotels Kurangi 600 Karyawan

      Startup OYO Hotels mengumumkan akan memangkas 600 karyawan di departemen korporat dan teknologinya, atau sekitar seperenam dari total tenaga kerjanya.

      PLN Teken MoU dengan Kawasan Industri Sayung & Pabrik Gas, Salurkan 50,2 MVA

      PLN siap menyalurkan 50,2 MVA untuk mendukung pertumbuhan industri di Jawa Tengah dan DIY.

      Uji Coba Aplikasi Pembayaran Tol Nirsentuh Dimulai Bulan Ini

      Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menguji coba pembayaran tol nirsentuh melalui aplikasi multi lane free flow (MLFF) pada bulan ini.

      10 Cara Cari Uang hanya Modal HP

      Sekarang, hanya bermodal HP kita bisa menghasilkan uang.

      Apindo: Pemerintah Tidur Saja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

      Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 akan berada di atas 5 persen bahkan bisa mencapai 5,65 persen apabila terdapat kerja keras dalam menggerakkan mesin-mesin perekonomian.

      PT SHA Solo Selalu Memastikan Program CSR Tepat Sasaran

      PT SHA Solo memiliki strategi khusus dalam menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) agar lebih tepat sasaran.

      Perjalanan PT SHA Solo 7 Tahun Mengabdi untuk Masyarakat

      PT SHA Solo terus berupaya untuk senantiasa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan melakukan berbagai program sosial.

      Unik! Favehotel Solo Sulap Daun Jati Jadi Pohon Natal

      Pembuatan pohon Natal di Favehotel Solo dimulai dari pemilihan daun jati yang berkualitas yang diambil dari petani di area Wonogiri.

      Truck Campaign Mitsubishi Fuso Jadi Ajang Temu Kangen dan Sosialisasi Euro 4

      Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Truck Campaign Mitsubishi Fuso kembali digelar, Jumat (2/12/2022).