SOLOPOS.COM - Dekan Universitas Safin Pati dan Kepala Desa Ketandan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, menandatangani memorandum of understanding sebagai desa binaan di Dukuh Cantelan, Desa Ketandan, Minggu (28/5/2023). (Istimewa/USP)

Solopos.com, KLATEN – Mahasiswa Universitas Safin Pati (USP) terjun langsung ke masyarakat Desa Ketandan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, dalam rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan membentuk pos pelayanan terpadu bagi warga lanjut usia atau posyandu lansia di wilayah Dukuh Cantelan.

Sebelumnya belum ada posyandu lansia di wilayah dukuh tersebut. Selain itu, para mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan itu juga menggelar jalan sehat bersama warga RW 006, Dukuh Cantelan, Minggu (28/5/2023) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain jalan sehat, kegiatan diisi dengan senam massal serta pengecekan kesehatan gratis. Kegiatan diikuti sekitar 250 orang. “Kegiatan ini merupakan program kegiatan mahasiswa profesi Ners. Mereka selama satu bulan di sini dan ini salah satu acara puncaknya,” kata Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Safin Pati, Yeni Rusyani, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Selama sebulan, lanjut Yeni, para mahasiswa praktik membantu masyarakat kaitannya dengan pembangunan kesehatan. “Salah satunya dengan membentuk posyandu lansia yang sebelumnya belum ada. Alhamdulillah, masyarakat di sini sangat welcome,” ujarnya.

Pada rangkaian kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara USP dengan Desa Ketandan sebagai desa binaan. USP berkomitmen menggelar program kesehatan di desa setempat.

“Nanti ada pendampingan dari kampung termasuk kegiatan lainnya. tujuannya ingin mewujudkan Indonesia yang kuat dan sehat selain mencerdaskan,” kata dia.

Yeni mengatakan rangkaian kegiatan itu sekaligus mengenalkan USP sebagai penggabungan dari beberapa institusi perguruan tinggi salah satunya Stikes Duta Gama Klaten. Penggabungan itu dilakukan pada tahun ini.

“Kampus utama kami ada di Pati. Sementara di Klaten kampus Fakultas Ilmu Kesehatan,” kata Yeni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya