Diawali Ledakan, Pangkalan Elpiji dan Bengkel di Jl Sragen-Solo Ludes Terbakar
Sejumlah relawan berusaha memadamkan api yang menghanguskan pangkalan elpiji dan bengkel di Dukuh Jetakpabrik, Desa Jetak, Sidoharjo, Sragen, Minggu (13/9/2020). (Solopos.com/Moh Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN – Sebuah ruko yang difungsikan sebagai pangkalan elpiji serta bengkel motor dan peralatan elektronik di tepi Jl Sragen-Solo, ludes terbakar, Minggu (13/9/2020). Kebakaran itu terjadi di Dukuh Jetakpabrik, RT 004/RW 001, Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen.

Pantauan Solopos.com di lokasi, lima unit mobil pemadam kebakaran masing-masing tiga dari Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen dan dua dari Karanganyar dikerahkan untuk memadamkan api.

Ruko berukuran 12x5 meter milik Wahyono, 43, itu terbakar dalam kondisi tutup. Kebetulan, pemilik ruko itu tengah pergi ke pasar. Proses pemadaman api disaksikan puluhan warga dan pengguna jalan yang kebetulan melintasi Jl Sragen-Solo.

Joko Widodo Masuk Tim Pemenangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Kronologi

Tetangga Wahyono, Suryono, mengatakan kebakaran itu diketahui setelah terdengar suara ledakan. Dia melihat kobaran api dan kepulan asap dari dalam bengkel sekitar pukul 08.30 WIB.

“Biasanya kalau Minggu, bengkel dan pangkalan elpiji ini memang tutup. Berawal dari ledakan dan genting yang terlempar, kami lalu melihat kobaran api dan kepulan asap pekat keluar dari bagian bengkel sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu kepulan asap pekat membumbung tinggi, kemungkinan itu berasal dari banyaknya ban motor yang terbakar,” ujar Suryono, tetangga dari Wahyono, saat ditemui Solopos.com di lokasi.

Di dalam ruko itu terdapat 10 tabung drum minyak oli, tumpukan gas elpiji, kompresor diesel, peralatan perbengkelan motor dan mesin elektronik hingga surat-surat berharga. Semua barang-barang itu ludes terbakar tidak bisa diselamatkan.

Kebakaran bukan hanya melanda ruko, tetapi juga merembet ke dua rumah di bagian belakang. Dua rumah itu masing-masing terbakar pada sebagian atap dan satu kamar.

Dory Harsa Nikah, Penggemar Ambyar Unfollow Berjemaah

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.0 WIB berkat kerja sama tim dari berbagai lembaga. Mulai dari Satpol PP dan Damkar Sragen, BPBD Sragen, SAR Himalawu, PMI Sragen, PSC 119 Sragen, SAR Poldes Sepat, polisi, TNI dan warga sekitar.

Kebakaran di ruko yang berada di tepi Jl Sragen-Solo itu diduga akibat korsleting listrik. “Pemadaman awal sempat terhambat oleh pintu rolling door yang terkunci. Indikasi awal sumber api dari konsleting listrik,” terang Kasi Pemadam dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo.

Sementara itu, Kapolsek Sidoharjo, AKP Agung Ari Purnowo, menyebut perkiraan kerugian yang diderita akibat kebakaran itu mencapai sekitar Rp500 juta.

Asale Desa Teras Boyolali dan Perjalanan Ki Ageng Pandan Arang



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom