SOLOPOS.COM - Kapolsek Gubug, AKP Sutikno (kanan) berada di lokasi kebakaran dua rumah warga di Desa Baturagung, Selasa (16/3/2021).(Istimewa-Polsek Gubug)

Solopos.com, PURWODADI – Diawali suara ledakan, dua rumah milik warga di Desa Baturagung, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan terbakar, Selasa (16/3/2021) dini hari. Diduga penyebab kebakaran karena konsleting.

Informasi yang dihimpun, dua rumah yang ludes terbakar adalah milik Sanadi, 70 dan Rohmat, 50. Keduanya warga Dusun Mintreng RT 02 RW 04, Desa Baturagung, Kecamatan Gubug.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Kebakaran kali pertama diketahui, ketika terdengar ledakan cukup keras pada Selasa pukul 00.05 WIB. Mendengar ledakan, Rohmat dan Sanadi langsung terbangun dan keluar rumah. Saat itulah keduanya melihat bagian atap rumah Sanadi di Desa Baturagung, Gubug, sudah terbakar.

Kontan Sanadi dan Rohmat berteriak kebakaran memberitahu warga sekitar. Teriakan keduanya didengar warga yang segera berdatangan ke lokasi kebakaran. Upaya memadamkan yang dilakukan warga tak membuahkan hasil.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca jugaDor! 2 Pelaku Pencurian Truk di Godong Asal Boyolali Ditembak di Kaki

Warga melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa yang melanjutkan ke kepolisian dan pemadam kebakaran. Sementara rumah Sanadi yang terbuat dari kayu menyebabkan api dengan cepat membesar. Bahkan api merembet ke rumah Rohmat di Desa Baturagung, Gubug yang berada di sebelahnya sehingga ikut terbakar.

Petugas pemadam kebakaran dari Pos Gubug langsung mendatangi lokasi kejadian begitu mendapat laporan. Petugas damkar dibantu warga akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 01.00 WIB.

“Dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, diduga api berasal dari konsleting di rumah milik Sanadi didahului ledakan di bagian atap. Akibat kejadian ini, rumah milik Sanadi berukuran 10 meter x 8 meter ludes terbakar. Demikian juga rumah milik Rohmat berukuran 9 meter x 7 meter juga ludes terbakar,” kata Kapolsek Gubug, AKP Sutikno kepada wartawan, Selasa (16/3).

Baca jugaMiris, Ditinggal ke Pasar, Bocah di Purbalingga Dirantai di Dapur

Jaringan Listrik

Akibat kebakaran tersebut, seluruh perabotan dan harta benda di rumah Sanadi dan Rohmat di Desa Baturagung, Gubug, ikut terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian yang diderita kedua korban mencapai Rp80 juta.

Kapolsek Gubug, AKP Sutikno mengingatkan kepada warga agar berhati-hati saat menggunakan peralatan listrik. Terutama penggunaan kabel untuk jaringan listrik di rumah.

“Gunakan kabel yang sesuai standar, cek kembali kondisi jaringan listrik di rumah. Matikan kompor dan peralatan listrik jika sudah tidak digunakan, untuk mencegah terjadinya kebakaran,” ujar AKP Sutikno.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya