SOLOPOS.COM - Pemilik Warung dan Galery LA, Mudiyono Raharjo dan Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa (kanan) dalam grand opening warung tersebut pada Senin (20/3/2023) malam di lokasi warung di Langenharjo RT 003/RW 002, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Tempat kuliner di sekitar kawasan Pesanggrahan Langenharjo, LA Area hadir meramaikan kuliner di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Mengusung konsep sederhana warung tersebut menyuguhkan masakan khas Jawa dan juga menu mie ayam hotplate yang digadang-gadang sebagai ciri khas warung tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu warung yang cukup tersembunyi itu juga menyuguhkan galeri seni dan edukasi seni lukis yang juga mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa.

Warung tersebut berlokasi di Langenharjo RT 003/RW 002, Kecamatan Grogol, Sukoharjo.

Warung yang berada tepat di depan Pesanggrahan Langenharjo itu digagas oleh warga setempat, Mudiyono Raharjo yang mulai buka pada Rabu (22/3/2023) mendatang.

Mudiyono memberi sebutan tempat itu dengan Warung dan Galery LA yang berasal dari kata LAngenharjo yang merupakan nama kampung tempat tinggalnya tersebut.

Dengan konsep galeri itu dia memajang beberapa lukisan di dinding warung dengan konsep naturalis dan realis.

Mudiyono mengakui seluruh karya lukis yang terpajang merupakan karya otodidiak dirinya dan adiknya.

“Kami membuat konsep ini karena hobi saya melukis, dan kebetulan ada ruang kosong untuk menempatkan lukisan-lukisan saya. Jadi pengunjung selain bisa menikmati makanan juga bisa menikmati hasil karya saya dan adik saya yang juga suka melukis,” ucap pemilik warung tersebut saat dijumpai di warungnya pada Senin (20/3/2023) malam dalam Grand Opening.

Dia mengatakan di warungnya memberikan ruang berkreasi bagi anak-anak dengan panggung kecil yang terpasang di luar.

Bagi pengunjung yang ingin belajar seni lukis juga akan mendapatkan bimbingan.

Ada salah satu sudut warungnya yang diberi nama Ruang Ghibah, terinspirasi dari kebiasaan masyarakat yang suka duduk berlama-lama alias nongkrong sambil bercengkrama.

Mudiyono menyebut dengan daya tarik tersebut dia memastikan makanan di warungnya memiliki cita rasa yang dapat digandrungi banyak pengunjung.

Sejumlah menu di warungnya di antaranya mie ayam hotplate serta menu masakan Jawa seperti lodeh, tumpang, pecel, rica ayam, sayur bayam, sop hingga sayur bobor.

Harga menu makanan tersebut  mulai dari Rp6.000 untuk masakan Jawa yang bisa diambil sendiri (pukwe/jipuk dewe).

Sementara harga mie ayam hotplate dibandrol dengan Rp7.000/porsinya.

Selain itu dia juga menyuguhkan sejumlah minuman dari mulai teh hangat, jahe, wedhang uwuh, jeruk hingga kopi.

Dia membandrol harga minuman mulai dari Rp2.500/gelas untuk es teh.

Diapresiasi Wakil Bupati

Konsep warung yang diusung Mudiyono mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, saat hadir dalam grand opening pada Senin malam lalu.

Agus mengatakan Mudiyono termasuk orang yang jenius karena bisa memadukan warungnya dalam berbagai aspek sehingga warung tersebut menjadi unik.

“Warung ini unik, dari segi kuliner mengangkat masakan jawa dipadukan dengan seni dalam wujud lukisan-lukisan, selain itu juga ada nilai edukasi yang luar biasa. Ini jenius, dia mengatakan tiga komponen yakni kuliner, edukasi dan seni dalam satu tempat,” terang Agus.

Agus menilai dengan konsep tersebut dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo perlu mendukung konsep itu lantaran termasuk dari bagian kreativitas masyarakat.

Agus juga berharap, ilmu tersebut dapat dikembangkan dan ditularkan ke warga setempat.

Sehingga banyak orang akan terinspirasi membuat gebrakan baru terutama dalam cara mencari nafkah. Apalagi di tengah masa pemulihan pasca pandemi Covid-19.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya