Diangkut Kereta, Satu Juta Kontainer Tak Lagi Lewat Jalur Darat Pantura
Foto ilustrasi. (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—Jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya akan segera beroperasi pada April 2014 nanti. Jika telah beroperasi, dipastikan angkutan barang yang selama ini memadati jalur darat pantura akan dialihkan.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menjelaskan, salah satu dampak positif yang dihasilkan dari beroperasinya jalur ganda ini adalah penambahan kapasitas. Jalur ganda akan menambah kapasitas hingga tiga kali lipat.

"Kapasitas tentu akan meningkat dua hingga tiga kali lipat. Kalau kapasitas meningkat berarti kemampuan angkut barang dan penumpang juga meningkat," kata Bambang saat melakukan inspeksi jalur ganda Cirebon-Surabaya, Rabu (8/1/2013).

Bambang belum bisa mengatakan komposisi antara angkutan penumpang dan barang jika ini telah beroperasi. Pemerintah akan mengkaji lebih lanjut mengenai hal itu. "Dua-duanya prioritas," tambahnya.

"Kami mengharapkan satu juta kontainer pindah dari jalan raya ke sini [kereta]. Artinya satu juta truk akan hilang dari jalan. Satu juta truk hilang itu artinya kan penggunaan BBM akan lebih hemat, polusi akan lebih kecil, dan penggunaan ruang jalan akan lebih efisien," paparnya. (Detik/JIBI)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom