SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

JOGJA—Jangan pandang sebelah mata televisi (TV) buatan Cina. Sudah harga murah, kualitas dan fiturnya pun mampu bersaing dengan TV pabrikan Jepang dan Korea.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Dalam pemasarannya, negara Cina mampu mengikuti tren pasar yang sedang berkembang di Indonesia, seperti adanya produk TV di jenis LCD dan LED yang dianggap mampu menandingi kualitas  produk Jepang dan Korea.

Ekspedisi Mudik 2024

Jusak Sunaryo, pengelola Elektronik GEFO dan Jogja Elektronik Center mengatakan, produk TV Cina menguasai pasar TV harga murah. Bahkan, TV Cina yang dulunya unggul dengan produk TV tabung, pasar mulai bertransisi ke LCD TV dan LED TV. Beberapa merek Cina, seperti Konka, dan TCL, menjadi produk yang di incar pembeli.

“Produk TV Cina dijual jauh lebih murah, dengan kualitas dan varian yang lebih lengkap,” ungkap Jusak, kepada Harian Jogja (22/11/2012).
Jusak memaparkan, produk LED Cina menawarkan dalam berbagai ukuran, mulai dari varian ukuran terkecil 17 inci, 19 inci, 22 inci, 23 inci, hingga ukuran besar 32 inci, 47 inci, dan 55 inci dengan teknologi LED 3D. Varian ini dinilai jauh lebih lengkap ketimbang pemain serupa dari pabrikan Jepang dan Korea.

Selain itu, harga LED Cina yang ditawarkan pun jauh lebih murah 25% dari harga LED serupa merek Jepang dan Korea. Bahkan, dalam produk LED berukuran besar diatas 32 inci, harga LED Cina sangat kompetitif dengan selisih harga lebih murah mencapai angka jutaan.

“Dalam sebulan, kami dapat menjual sekitar 200 unit berbagai macam jenis TV produksi Cina,” tambahnya.

Menurutnya, pasar di Jogja saat ini sudah mulai percaya terhadap produk Cina. Image produk Cina yang dipandang cepat rusak serta murahan, sudah mulai hilang seiring penambahan kualitas dan strategi pemasaran produk Cina yang berani memberikan garansi produk hingga 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya