Dianggap Halangi Ambulans, Konvoi Polisi Bandung Diprotes Netizen
Konvoi polisi di kawasan Gedebage, Bandung, Jabar yang dianggap menghalangi ambulans, Kamis (13/9/2018). (Instagram-@seputar_jawabrt)

Solopos.com, BANDUNG — Ambulans yang sedang membawa pasien menuju rumah sakit memang sepantasnya didahulukan dalam melintas agar si pasien segera mendapatkan penanganan medis. Namun di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), ambulans yang melintas terhalang konvoi kendaraan polisi sehingga lajunya ke rumah sakit terhambat.

Kejadian itu pun terekam video dan kini menjadi viral di media sosial. Di akun Instagram @seputar_jawabrt, dijelaskan video viral itu direkam di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (13/9/2018).

"Video ini diambil Kamis (13/9/2018) tadi sore di kawasan Gedebage, Kota Bandung saat seorang sopir ambulans menunaikan tugasnya. Barokalloh kang sopir semoga kesabaran anda dan keluarga pasien menjadi kafarat dosa dan sakit," tulis pengelola akun Instagram tersebut.

Berdasarkan video yang diunggah, memang tampak seorang pasien terbaring di dalam ambulans. Di saat itu, ada beberapa kendaraan polisi yang membuat lajut ambulans terhenti.

Sontak video viral itu memicu berbagai macam komentar netizen. Banyak yang memprotes aksi polisi yang tak mendahulukan laju ambulans meski sudah membunyikan sirine. "Baru kali ini ada yang begini. Seakan menunjukan enggak ada jiwa sosialnya," tulis pengguna akun Instagram @denounarainabumi.

"Jelas-jelas kalau secara undang-undang ambulan prioritas utama," ungkap pengguna akun Instagram @ike_tomboy.

"Bagaimana mau maju negara kita? Mana jiwa sosial kalian?" tanya pengguna akun Instagram @jenisofyan.

Wajar saja jika video viral itu mengundang protes netizen terhadap konvoi polisi. Berdasarkan Pasal 134 UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan pimpinan lembaga negara Republik Indonesia; kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, dan konvoi dan atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Terlepas dari komentar-komentar itu, si pengunggah video viral tersebut mengajak warganet untuk berbaik sangka terhadap konvoi polisi yang dianggap menghalangi laju ambulans. "Kita berbaik sangka aja, mungkin ada yang lebih urgent dibandingkan pasien yang ada di dalam ambulans," tandas pengelola akun Instagram @seputar_jawabrt.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom