SOLOPOS.COM - Rheo Fernandez. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang akrab disapa Rudy, diam-diam ternyata sudah memiliki sosok penerus perjuangannya di dunia politik. Tidak jauh-jauh, sosok tersebut adalah A Rheo Yuliana Fernandez, 38, putra kedua Rudy.

Dari lima anak Rudy, Rheo adalah satu-satunya yang menggeluti dunia politik. Kiprahnya dalam politik terbilang sudah cukup lama. Sebab ia sudah tiga periode ini menjadi pengurus PAC PDIP Kecamatan Jebres.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Mas Rheo ini satu-satunya putra Pak Rudy yang terjun ke dunia politik praktis,” tutur Ketua PAC PDIP Jebres, Honda Hendarto, saat dihubungi Solopos.com melalui WhatsApp, Minggu (21/2/2021) sore.

Baca Juga: Pesangon Tak Sesuai Aturan, 148 Karyawan Kena PHK Mengadu ke Pemkab Karanganyar

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Honda, bapak dua orang anak itu mempunyai potensi menjadi seorang politikus sukses penerus Rudy di Solo. Rheo dianggap mewarisi darah politikus Rudy yang lima periode ini menjadi Ketua DPC PDIP Solo.

Seperti sang ayah, menurut Honda, Rheo cukup kuat di akar rumput alias mempunyai banyak teman dari berbagai kalangan. Pembawaannya yang tak membeda-bedakan dalam bergaul membuat Rheo punya banyak teman.

Apalagi Rheo aktif dalam berbagai organisasi masyarakat sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan kuliah. Rasa hausnya terhadap kegiatan sosial membuat Rheo mulai aktif dalam kegiatan partai.

Baca Juga: Ih... Jorok! Sampah Dibuang Sembarangan Di Sukoharjo Capai 25 Ton Per Hari

Kuat Di Akar Rumput

“Potensi Mas Rheo dalam politik ada. Selain kuat di akar rumput, dia mempunyai latar belakang pendidikan formal yang baik, lulusan S2. Dari segi usia Mas Rheo juga terbilang muda dibanding saya,” imbuh Honda mengenai sosok penerus eks Wali Kota Solo Rudy.

Nama Rheo juga selalu masuk dalam penjaringan bakal calon legislatif PAC PDIP Jebres beberapa kali Pemilu. Namun, karena berbagai pertimbangan, Honda menjelaskan Rheo belum pernah maju sebagai caleg DPRD.

“Ia belum pernah nyalon pada pemilihan anggota DPRD walau namanya selalu masuk dalam tahap penjaringan internal partai. Nama Mas Rheo selalu masuk sebagai bakal caleg. Tapi pada akhirnya tidak maju,” urainya.

Baca Juga: Ternyata... Anggota DPRD Karanganyar Ini Juga Pernah Tersesat Di Gunung Dan Dituntun Jalak Lawu

Berdasarkan catatan Solopos.com, Rheo masuk kepengurusan PAC PDIP Jebres periode 2020-2025 hasil Musancab, Agustus 2020 lalu. Rheo menjabat sebagai Wakil Ketua PAC Bidang Ideologi dan Kaderisasi partai.

Sedangkan Ketua PAC PDIP Jebres dipegang Honda Hendarto. Masuknya nama Rheo dalam kepengurusan PAC PDIP Jebres itu merupakan periode ketiganya. Cukup menarik kiranya menyimak sepak terjang Rheo ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya