SOLOPOS.COM - Ilustrasi Apple dan Google. (istimewa)

Kesepakatan tersebut telah dibicarakan oleh Chief Executive Officer Google Larry Page dengan pendiri Apple.

Solopos.com, NEW YORK – Bursa saham Dow Jones secara mengejutkan mengumumkan bahwa Google akan mengakuisisi Apple senilai US$9 miliar atau sekira Rp121 triliun pada Selasa, 10 Oktober 2017, waktu Amerika Serikat.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Langkah mengejutkan bagia siapa saja yang masih hidup, Google mengatakan akan membeli Apple seharga US$9 miliar,” tulis Dow Jones sebagaimana dikutip dari Gizmodo, Kamis (12/10/2017).

Diungkap Dow Jones bahwa kesepakatan tersebut telah dibicarakan oleh Chief Executive Officer Google Larry Page dengan pendiri Apple yang kini telah meninggal, Steve Jobs, pada 2010.

Kesepatakan Google dan Apple diketahui melalui surat wasiat Jobs di Cupertino, California. Adapun penyelesaiannya sendiri, dikabarkan berlangsung keesokan harinya, setelah Dow Jones mengumumkan kabar tersebut.

Dengan adanya akuisisi tersebut, setiap pemilik saham di Google akan memikiki 9 saham di Apple. Google juga dilaporkan bakal berpindah markas ke markas Apple saat ini di Cupertino, California.

Di akhir pengumumannya, Dow Jones mengatakan bahwa pegawai Google merasa senang dengan berucap “yay”. Meskipun demikian kabar itu ternyata sebuah kesalahan.

Pihak Dow Jones mengonfirmasi bahwa pengumuman yang dimuat dalam Newswire itu adalah kesalahan teknis dan meminta untuk mengabaikannya.

“Karena kesalahan teknis, aliran data tak sengaja diterbitkan. Semua headline tersebut telah dihapus dari Newswire. Harap mengabaikan berita utama antara pukul 09:34 ET dan 9:36 ET,” ungkap juru bicara Dow Jones.

Juru bicara tersebut juga mengatakan bahwa berita utama yang salah diterbitkan merupakan bagian dari uji coba teknologi dan tidak pernah dimaksudkan untuk dipublikasikan.

Sayangnya kabar itu telah meluas. Dengan adanya kabar akuisisi, saham Apple sempat melonjak menjadi USD158 per lembar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya