Dialog dengan Warga Brebes, Sudirman Said Berjanji Prioritaskan Desa

Dialog dengan Warga Brebes, Sudirman Said Berjanji Prioritaskan Desa

SOLOPOS.COM - Sudirman Said meninjau lokasi bencana banjir di Tegal, Kamis (15/2/2018). (Istimewa)

Cagub Jateng Sudirman said berdialog dengan warga Desa Slatri.

Solopos.com, BREBES – Calon Gubernur Jawa Tengah (Cagub Jateng) Sudirman Said menemui ratusan warga Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Kamis (15/2/2018). Pertemuan dilakukan setelah Pak Dirman, sapaan akrab Sudirman Said, meninjau lokasi bencana banjir di Tegal.

Dalam pertemuan yang berlangsung di sebuah gubuk di tengah-tengah sawah Desa Slatri, warga mendoakan Pak Dirman menjadi Gubernur Jawa Tengah pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 27 Juni 2018 mendatang.

Selain menggelar diskusi dan dialog, warga juga menggelar makan nasi ponggol bungkus bersama Pak Dirman di lahan pertanian dan kebun bawang merah tersebut.

“Alhamdulillah, saat ini salah satu warga Desa Slatri, Kecamatan Larangan Brebes akan menjadi Gubernur Jawa Tengah, mari kita doakan agar keinginan beliau bisa tercapai, memimpin Jateng yang lebih baik lagi,” kata Bambang, salah satu warga Brebes dalam dialog bersama Pak Dirman.

Senada dengan Bambang, Haji Toha, salah satu tokoh masyarakat setempat mengatakan Sudirman Said adalah sosok yang tepat memimpin Jateng. “Mari masyarakat Brebes mendoakan beliau menjadi pemimpin Jawa Tengah,” kata Toha.

Sementara, Pak Dirman yang mendapat sambutan cukup hangat dari masyarakat Brebes mengapresiasi atas antusiasme masyarakat menyambut dirinya.

“Mereka sebagian besar adalah masyarakat yang hidup dari pertanian, dan kedatangan saya kesini, saya tidak mengerahkan, karena tahu ada warganya pulang mereka menyambut dengan antusias,” ujarnya.

Dia berjanji, ketika terpilih menjadi Gubernur Jateng akan memprioritaskan desa sebagai fokus pembangunan di Jateng.

“Segala aktivitas kita ditopang oleh orang-orang desa, namun ternyata pemerintah masih rendah terhadap kehidupan warga desa, gambaran rendahnya perhatian pemerintah terhadap desa terlihat di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2014-2016 itu menambahkan ketimpangan sosial antara daerah perkotaan dan pedesaan sangat tinggi.

“Dari 8.559 desa dan kelurahan di Jateng, angka kemiskinan Jateng yang cukup tinggi yakni 13% atau lebih tinggi dari rata-rata angka kemiskinan nasional didominasi oleh penduduk desa,”ujarnya lagi.

Oleh karena itu, Pak Dirman berjanji pembangunan harus mulai bergeser ke daerah pedesaan. Bantuan-bantuan pemerintah yang tercantum dalam APBD harus dikoreksi karena menurutnya, bantuan untuk desa masih mungkin untuk ditingkatkan.

“Akan ada terobosan, kami, saya dan Bu Ida Fauziyah membangun akademi perangkat desa sebagai salah satu jalan untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia desa,”katanya lagi.

Jika terpilih, Sudirman mengaku sudah mendedikasikan diri menjadi gubernurnya orang miskin dan orang desa, sehingga akan membangun dari desa.

"Saya sudah mengikrarkan diri akan menjadi gubernurnya orang miskin, gubernurnya orang desa. Saya sendiri lahir di desa. Jadi saya akan beri perhatian khusus untuk desa, baik masyarakat maupun perangkatnya,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Berita Terkini

Manfaatkan Momen Ramadan dan Lebaran, Pameran UMKM Soloraya Digiatkan

Geliat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Soloraya menunjukkan tren positif setelah terdampak pandemi Covid-19.

Sasar Objek Wisata, Babinsa Bulu Sukoharjo Kampanyekan 5M

Koramil 03/Bulu Kodim 0726/Sukoharjo bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Bulu terus melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan berupa 5M.

20.000 Pemudik Tiba di Karanganyar, Bupati: Mereka Pandai Cari Waktu Pulang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyebut para pemudik yang tiba di Bumi Intanpari sebelum Lebaran 2021 pandai mencari waktu pulang.

Sidak Pasar Tumpah Sragen: Parkir Motor dan Oprokan di Bahu Jalan Bikin Macet

Pasar tumpah di sejumlah lokasi Kabupaten Sragen mengakibatkan kemacetan karena pedagang oprokan dan parkir kendaraan bermotor di bahu jalan.

Lebaran Virtual, ShopeePay Bagikan 4 Ide THR Unik dan Berkesan untuk Orang Tersayang

ShopeePay sediakan beragam produk dan layanan digital sebagai inspirasi THR Lebaran

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas