Para pendaftar CPNS di Kabupaten Wonosobo memanfaatkan layanan Internet gratis yang disediakan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, Rabu (13/11/2019). (Antraa-Dinas Kominfo Wonosobo)

Solopos.com, WONOSOBO — Sulit dimungkiri, akses Internet masih langka di sebagian wilayah Jawa Tengah. Maka, bisa dimaklumi jika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo menyediakan fasilitas jaringan Internet gratis untuk para pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kepala Seksi Teknologi Jaringan dan Persandian Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo, Wajiran, mengatakan penyediaan jaringan Internet gratis tersebut berada di area Taman Wonosobo Soul Java, kawasan Kantor Bappeda Wonosobo.

Ia mengungkapkan alasan dibukanya akses Internet gratis sebagai upaya memberikan fasilitasi bagi para pelamar CPNS, khususnya yang berasal dari Wonosobo. “Lokasi pemasangan fasilitas hostpot gratis sengaja kita pilih di kawasan yang mudah dijangkau dan relatif nyaman sebagai tempat untuk menjalankan aktivitas menggunakan notebook maupun gadget, karena juga tersedia meja maupun kursi yang memadai, yaitu di Kantor Bappeda Kabupaten Wonosobo,” katanya di Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (12/11/2019).

Menurut dia kemampuan akses melalui fasilitas Wi-Fi sudah cukup memadai untuk keperluan pendaftaran CPNS secara online. Ia menuturkan meskipun baru satu titik, kecepatan akses sudah mencapai 5 Mbps dan tidak menutup kemungkinan ditingkatkan hingga 10 Mbps sehingga para pendaftar diyakini tidak akan mengalami kendala pada saat pengisian formulir maupun mengunggah berkas-berkas yang harus dilampirkan.

Demi kelancaran akses ke portal resmi penerimaan CPNS Tahun 2019, dia menyebutkan pihaknya hanya membuka jaringan gratis untuk situs https://sscasn.bkn.go.id dan bukan untuk situs lainnya. “Akses selain ke situs BKN memang kami tidak membuka demi menjaga agar tidak lagi ada kendala terkait pendaftaran CPNS di Kabupaten Wonosobo,” katanya.

Menurut dia, layanan Internet gratis tersebut akan dibuka selama 24 jam dan sampai waktu pendaftaran CPNS ditutup secara nasional, yaitu pada 24 November 2019.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten