SOLOPOS.COM - Para pengunjung menikmati hidangan di Warung Barokah Taman Asri, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen, Jumat (17/12/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Para warga di lingkungan Kampung Taman Asri RW 014A, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen, berinisiatif membuka warung barokah dengan tagline “Makan Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya”. Keberadaan warung tersebut sebagai wujud membangun ketahanan pangan kolektif di masa pandemi Covid-19.

Warung dengan aneka menu masakan jawa tersebut merupakan bagian dari Kampung Sedekah sebagai salah satu program Kampung Taman Asri Mandiri yang diluncurkan, Jumat (17/12/2021). Dengan Kampung Sedekah tersebut diharapkan tidak ada kesenjangan ekonomi karena antara yang miskin dan yang kaya saling membantu. Kampung Sedekah itu juga sebagai strategi dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warung Barokah itu dikunjungi para politikus dan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen. Sejumlah politikus yang hadir di antaranya anggota DPRD Jateng yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro; Ketua DPD Partai Golkar Sragen yang juga Wakil Ketua DPRD Sragen, Pujono Elli Bayu Effendi ; dan Wakil Bupati Sragen Suroto yang juga politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga: Mantab, Desa Celep Sragen Beli 18 Ekor Tyto Alba untuk Basmi Hama Tikus

Aa juga beberapa pejabat lain seperti Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Hargiyanto; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Suwardi; Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan & KP), Eka Rini Mumpuni Titi Lestari; dan pejabat dari Polres Sragen dan Kecamatan Karangmalang.

“Warung Barokah ini merupakan program Kampung Taman Asri Mandiri yang diluncurkan hari ini. Di warung itu, pengunjung boleh makan sepuasnya tetapi bayar seikhlasnya. Kami ucapkan terima kasih kepada mitra kerja dalam Program Kampung Taman Asri Mandiri, khususnya dari Bank Jateng, Baznas [Badan Amil Zakat Nasional], dan mitra lainnya yang tidak bisa saya sebut satu per satu,” ujar Ketua RW 014A Taman Asri Kroyo, Mugiyono.

Dia menyampaikan konsep program tersebut untuk membangun kesejahteraan warga Taman Asri. Dia menerangkan program kampung mandiri ini juga menjadi pilot project kampung mandiri di perkotaan.

Baca Juga: Setahun Berlalu, Apa Kabar Kasus Pemerkosaan Anak Sukodono Sragen?

Simbol Kerukunan dan Kebersamaan

Direktur Kampung Taman Asri Mandiri, Kroyo, Eko Wijiyono, saat ditemui Solopos.com, Jumat, menyampaikan Kampung Sedekah yang digagas warga itu menunjukkan kebersamaan dan kerukunan. Pada program Kampung Sedekah itu semua rumah ada kaleng sedekah tanpa membedakan keyakinan. Warga muslim dan non muslim ikut semua dalam program sedekah tersebut.

“Hasilnya diwujudkan dalam bentuk Warung Barokah. Ada 20 macam jenis makanan jawa yang disajikan dalam warung tersebut. Meskipun bayarnya seikhlasnya, kualitas makanannya baik dan memenuhi standar makanan bergizi. Warung Barokah itu sebagai bentuk kepedulian dan saling menjaga di masa pandemi Covid-19,” jelas Eko.

Ke depan akan ada food truck yang keliling ke masjid-masjid untuk mengedukasi anak-anak supaya mau bersedekah. Dia menyampaikan dengan strategi Kampung Sedekah itu warga bisa saling membantu dan antara yang kaya dan yang miskin saling melindungi serta berbagi.

Baca Juga: Ini Dia Wilayah di Sragen yang Masuk Kawasan Kumuh, Desamu Ada Lur?

Eko menerangkan dalam Kampung Sedekah itu juga dibuat konsep kegiatan belajar masyarakat yang dipadukan dengan Internet positif. Dia mengatakan anak-anak diberi fasilitas untuk belajar dengan menggunakan media Internet karena selama pandemi Covid-19 anak-anak belum bisa pembelajaran tatap muka secara penuh. “Selain itu, kami juga memberdayakan masyarakat untuk bangkit dari ekonomi lewat program bank sampah,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Siapkan Payung, Prakiraan Cuaca Klaten Hujan Siang hingga Malam Kamis 25 April

Siapkan Payung, Prakiraan Cuaca Klaten Hujan Siang hingga Malam Kamis 25 April
author
Suharsih , 
Suharsih Kamis, 25 April 2024 - 05:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — Hujan diprediksi mengguyur wilayah Klaten pada siang hingga malam hari ini, Kamis (25/4/2024), menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Suhu udara bakal panas dengan posisi terendah menurut laman resmi BMKG pada hari ini 25 derajat Celsius pada dini hari dan pagi menjelang Subuh dan suhu tertinggi mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Arah angin terpantau dari timur dan tenggara dengan kecepatan 10-20 km/jam. BMKG menyampaikan informasi prakiraan cuaca melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Klaten berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 25 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 95% sementara angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Cuaca juga berawan pada pukul 04.00 WIB. Suhu udara masih sama yakni 25 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan bertahan di angka 95%. Angin belum berubah dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara naik ke angka 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 75%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit masih mendung menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik lagi jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 65%. Angin juga dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Klaten diguyur hujan dengan intensitas sedang pada prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 33 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Hujan masih mengguyur dengan intensitas ringan pada sore hari pukul 16.00 WIB. Suhu udara turun ke angka 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 70%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Berikutnya pada malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca masih hujan ringan. Suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin masih dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pukul 22.00 WIB, hujan sudah reda dan cuaca kembali berawan. Suhu udara turun jadi 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 85%. Angin dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Hujan Lagi Siang hingga Malam di Wonogiri, Cek Prakiraan Cuaca Kamis 25 April

Hujan Lagi Siang hingga Malam di Wonogiri, Cek Prakiraan Cuaca Kamis 25 April
author
Suharsih , 
Suharsih Kamis, 25 April 2024 - 05:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Freepik.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Wilayah Wonogiri bakal kembali diguyur hujan ringan hingga sedang dari siang sampai malam hari ini, Kamis (25/4/2024), menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Di sisi lain, suhu udara bakal panas dengan posisi terendah 25 derajat Celsius pada dini hari dan pagi menjelang Subuh, sedangkan suhu tertinggi menurut informasi di laman resmi BMKG mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angin terpantau dari timur dan tenggara sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Laporan prakiraan cuaca BMKG disampaikan melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan setiap tiga jam diawali pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Wonogiri berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 25 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 95% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Berikutnya pada pukul 04.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara tetap 25 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara juga tetap 95%. Angin juga dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara naik ke angka 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun jadi 75%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Cuaca masih berawan menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik ke angka 30 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin lanjut dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Wonogiri diguyur hujan dengan intensitas sedang pada prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke angka tertinggi yakni 33 derajat Celsius sedangkan tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin juga dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Hujan masih mengguyur dengan intensitas ringan pada sore hari pukul 16.00 WIB. Suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 70%. Angin dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca masih hujan ringan. Suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, hujan sudah reda dan cuaca kembali berawan dengan suhu udara turun jadi 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 85%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Masa Angkutan Lebaran 2024, Commuter Line Wilayah 6 Catat Rekor Baru

Masa Angkutan Lebaran 2024, Commuter Line Wilayah 6 Catat Rekor Baru
author
Rohmah Ermawati Kamis, 25 April 2024 - 04:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - Suasana di dalam Commuter Line atau KRL Solo-Jogja. Foto diambil belum lama ini. (Solopos.com/Anik Sulistyawati)

Solopos.com, SOLO–Jumlah penumpang Commuter Line di wilayah 6 Yogyakarta selama momentum Lebaran tahun ini meningkat 16% dibandingkan tahun lalu. Selama periode Lebaran 2024, total pengguna layanan KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta mencapai lebih dari 500.000 orang.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, menyebutkan selama Masa Angkutan Lebaran 2024 yang KAI Commuter tetapkan selama 22 hari yakni sejak 31 Maret-21 April total pengguna KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta yang dilayani mencapai 576.619 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah tersebut terdiri atas 501.065 orang untuk pengguna Commuter Line Yogya-Palur dan sebanyak 75.554 orang untuk pengguna Commuter Line Prameks.

“Menurut data yang tercatat, tren volume pengguna Commuter Line di wilayah 6 Yogyakarta pada masa Lebaran ini mengalami kenaikan jika dibanding volume masa Lebaran tahun sebelumnya,” kata dia dalam rilis, Rabu (24/2024).

Koran Solopos

Dia menyebut total volume pengguna Commuter Line Wilayah 6 Yogyakarta meningkat sebesar 16% jika dibanding dengan total volume Masa Angkutan Lebaran 2023 yang mencapai 495.230 orang.

Selama periode Angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta menambahkan sebanyak 6 jadwal perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur menjadi 30 perjalanan.

Selain itu, ada penambahan 4 jadwal perjalanan Commuter Line Prameks sehingga menjadi 12 perjalanan per harinya. Dengan penambahan jadwal perjalanan tersebut, KAI Commuter mencatat rekor baru volume pengguna tertinggi Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prameks.

Emagazine Solopos

Tercatat volume pengguna tertinggi Commuter Line Yogya-Palur yaitu sebanyak 40.729 orang dan Commuter Line Prameks sebanyak 6.082 orang, masing-masing terjadi di tanggal 13 April 2024.

Stasiun Yogyakarta juga tercatat sebagai stasiun pemberangkatan dan kedatangan pengguna Commuter Line terbanyak, masing-masing berjumlah 143.770 orang dan 143.903 orang pengguna.

Sementara itu, selama masa angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga mencatatkan rata-rata ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan seluruh perjalanan Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta.

Interaktif Solopos

Rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line Yogya-Palur sebesar 97% dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 90%. Sedangkan untuk rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line Prameks sebesar 83% dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 94%.

Anne menambahkan KAI Commuter menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna Commuter Line.

Selain itu dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak seperti Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, Polri, komunitas pencinta kereta serta semua pihak yang membantu Angkutan Lebaran 2024 ini terlaksana dengan baik.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories