SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Sistem Layanan Langsung Pengadaan Barang dan Jasa (Silalap Baja) yang digagas serta dikembangkan oleh Biro Administrasi Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Jateng.

"Aplikasi Silalap Baja ini sebagai upaya memberikan layanan langsung kepada penyedia barang jasa dan organisasi perangkat daerah [OPD]," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu saat peluncuran sekaligus bimbingan teknis Aplikasi Silalap Baja di Kota Solo, jawa Tengah, belum lama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai bagian dari pelayanan umum, pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan salah satu aktivitas yang sering mendapat sorotan. Dalam beberapa tahun terakhir, permasalahan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah mulai berkurang sejak diterapkannya Sistem Pengadaan Secara Elektronik (e-procurement).

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada Pasal 69 ayat (1) dinyatakan, "Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa dilakukan secara elektronik menggunakan sistem informasi yang terdiri atas Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan sistem pendukung".

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menyebutkan Aplikasi Silalap Baja mempunyai tiga sub sistem, yaitu Smart Report LPSE yang menjadi jalur untuk melihat semua progres tender yang sudah selesai berupa jumlah tender selesai, nilai pagu, nilai kontrak dan efisiensi.

Kemudian, layanan pendaftaran akun dan konsultasi masalah pengadaan secara elektronik, tempat pendaftaran tender bagi OPD ke Biro APBJ Setda Provinsi Jateng semua dilakukan secara online sehingga sudah tidak ada lagi pengiriman dokumen secara hard copy.

Kelebihan sistem ini selain paperlesstanda tangan menggunakan barcode, bisa dilakukan pelacakan dokumen tender sehingga bisa dipantau sampai di mana prosesnya, dan disposisi online bisa dilakukan di mana saja.

Selain itu, sistem akan menolak paket tender dari OPD yang waktunya baik dari proses review dokumen, proses pemilihan, hingga proses pelaksanaan tender tidak mencukupi. Jika hal itu terjadi, maka paket tender tersebut tidak akan dapat di-input.

"Untuk itu, sejak awal tolong diperkirakan waktu di dalam proses perencanaan pengadaan barang jasa tersebut," ujarnya.

Manfaat yang diperoleh dari implementasi aplikasi Silalap Baja bagi penyedia barang dan jasa adalah mendapatkan kemudahan proses pendaftaran akun perusahaan dan kepastian waktu verifikasi dokumen persyaratan. Sebab, katanya, semua layanan dilakukan melalui online.

Manfaat bagi OPD adalah mewujudkan percepatan proses pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-procurement, mewujudkan tata kelola dokumen tender secara online, monitoring dan evaluasi jumlah tender secara cepat dan akurat. Cara itu perlu, sehingga bahan pengambilan kebijakan pimpinan dan pelacakan dokumen tender pada masing masing OPD secara real time serta paperless.

Manfaat untuk kelompok kerja pemilihan adalah para kelompok kerja dapat menentukan skala prioritas pemilihan tender sesuai dengan jadwal pelaksanaan tender, review dokumen pengadaan yang dikirim OPD sebagai pemilik pekerjaan secara online sehingga tidak perlu tatap muka, pembuatan berita acara proses pengadaan dengan format telah tersedia di dalam aplikasi untuk menghindari kesalahan copy paste.

"Saya berharap kepada seluruh peserta bimbingan teknis agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Berbagai materi yang nantinya akan disampaikan oleh para narasumber supaya benar benar dipahami substansi perubahan paradigma dari proses  secara manual sekarang akan dilakukan secara online," katanya.

Sebagai informasi, penanggung jawab aplikasi Silalap Baja adalah Rusli Sofian Murwanto yang juga menjabat kepala Bagian Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa pada Biro Administrasi Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Jawa Tengah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya