Di Solo, Akuisisi Pegadaian oleh BRI Ditolak Serikat Pekerja
Logo Serikat Pekerja Pegadaian. (Solopos.com-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Rencana akuisisi PT Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) oleh Bank Rakyat Indonesia dengan skema holding ditolak mentang-mentah oleh Serikat Pekerja PT Pegadaian. Wacana akuisisi PT Pegadaian oleh BRI tersebut ditolak lantaran dianggap bisa mengecilkan pelayanan untuk masyarakat kecil.

Ketua Umum Serikat Pekerja Pegadaian Ketut Suhardiono, mengatakan wacana akuisisi Pegadaian oleh BRI tersebut tidak sesuai dengan keadaan PT Pegadaian. Hal ini mengingat perusahaan dalam kondisi sehat. “Kami resah dengan adanya pernyataan sikap yang berawal dari berita tentang pencaplokan Pegadaian dan PNM oleh BRI [media nasional] pada 13 November 2020 lalu,” kata dia kepada wartawan setelah musyawarah nasional di Best Western Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/11/2020).

Warna Cat hingga Ikan Koi, Berikut Hal-Hal yang Diyakini Mendatangkan Hoki

Ketut menjelaskan terkait adanya keinginan pemerintah untuk melakukan sinergi ultra mikro, pihaknya mendukung sepenuhnya rencana tersebut. Namun demikian, pemberitaan pencaplokan terhadap Pegadaian menimbulkan keresahan bagi karyawan.

Menurutnya, eksistensi Pegadaian sejak 1901 sebagai perusahaan telah banyak memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Selain itu, produk yang dimiliki Pegadaian itu sangat spesifik dengan kultur nasabah yang berbeda.

Bela Wong Cilik

“Pegadaian melayani seluruh lapisan masyarakat sampai dengan wong cilik atau masyarakat kecil,” papar dia.

Di samping itu, dalam waktu dekat pihaknya akan mengomunikasikan dengan pemerintah terkait dengan sikap penolakan para serikat pekerja terhadap rencana akuisisi Pegadaian oleh BRI tersebut. Hal ini termasuk mendiskusikannya dengan jajaran direksi.

Prabowo Subianto & Fadli Zon Posting Pangeran Diponegoro, Apa Maunya?

“Terkait kebijakan sinergi ultra mikro yang dilakukan oleh pemerintah, secara konsep kami paham,” kata dia.

Sementara itu, Munas Serikat Pekerja Pegadaian ini menghasilkan dua keputusan, yakni pemilihan Ketua SP Pegadaian dan pernyataan sikap terkait akuisisi Pegadaian. SP Pegadaian terdapat di 12 cabang utama dengan anggota sekitat 15.000 karyawan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom