SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI) terus mendorong upaya pencegahan tindak korupsi di lingkungan badan usaha milik negara (BUMN) maupun badan usaha milik daerah (BUMD). Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem whistleblowing untuk menyampaikan pengaduan atau laporan penyimpangan.

Ketua FKSPI Saiful Huda mengatakan, saat ini, satuan pengawas intern harus mengedepankan digitalisasi sebagai salah satu bentuk pola pengawasan. Hal tersebut berlaku seiring dengan perubahan zaman yang terjadi. “Kami akan menggunakan kemampuan analisa data terkait aliran dana atau aliran uang, sebab biasanya korupsi tidak dilakukan secara sendiri-sendiri,” kata Saiful di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/8/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan pihaknya akan menjadi tumpuan dalam melakukan pemeriksaan keuangan atau audit internal ketika ada aduan. Kendati demikian, FKSPI mengakui pihaknya tidak bisa melakukan pelaporan terkait dengan indikasi pelanggaran keuangan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kami memang tidak melakukannya, namun biasanya akan menjadi saksi untuk dimintai keterangan, biasanya internal audit menjadi saksi yang diminta keterangan KPK karena kalau kita di dalam tidak melakukan pencegahan, dianggap pembiaran,” katanya.

Dia menuturkan, FKSPI akan terus mengembangkan sejumlah sistem pencegahan korupsi, salah satunya whistleblowing system dengan melibatkan sejumlah pihak terkait. Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh langkah FKSPI dalam melakukan pengawasan sebaik mungkin. Ganjar berharap, agar satuan pengawas intern melakukan inovasi agar bisa melakukan audit dengan mudah.

“Satuan pengawas intern mempunyai peran yang sangat penting. Untuk itu terus kita dukung dalam melakukan berbagai inovasi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya