SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Di Purwokerto, apel ternyata bukan hanya lezat dimakan, namun bisa juga mematikan. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menyulapnya menjadi ramuan pembasmi kutu rambut.

Lima mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP berhasil melakukan inovasi dengan membuat ramuan pembasmi kutu rambut dari ekstrak buah apel. Kelima mahasiswa yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kemahasiswaan (PKM-K) FEB UMP tersebut terdiri atas Lean Hidayanti Sa’diyah, Firda Ardianti Pratiwi, Tia Septiani, Damar Panji Kuncoro, dan Faris Abyan Shafly.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Ramuan pembasmi kutu rambut dari ekstrak apel ini kami beri nama Apel_ku,” kata Ketua Tim PKM-K Lean Hidayanti di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (20/6/2019).

Menurut dia, ramuan tersebut dibuat dengan cara mendiamkan bahan baku berupa buah selama dua minggu beserta campuran cuka apel organik dan air. Setelah itu, kata dia, ramuan dari ekstrak buah apel tersebut siap digunakan.

“Penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menyemprotkannya secara langsung ke kulit kepala dan batang rambut. Selanjutnya diamkan selama 1,5 jam, alangkah bagusnya dibungkus dengan ‘shower cap’, setelah itu bisa dengan air dan menggunakan sampo,” katanya.

Ia menjamin ramuan Apel_Ku yang dibuat bersama rekan-rekannya itu mudah dan praktis diaplikasikan serta terbuat dari bahan berkualitas tinggi, aman, kemasan yang menarik, serta harga erjangkau sehingga akan menarik perhatian orang untuk membelinya. “Soal harga juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp15 ribu per botol sehingga siapa saja bisa membelinya,” kata Lean.

Sementara itu, dosen FEB UMP yang mendampingi lima mahasiswa tersebut, Hadi Pramono mengatakan tujuan utama para mahasiswa membuat Apel_Ku adalah sebagai upaya memberikan solusi untuk mengurangi dan membasmi kutu rambut yang bisa menjadi momok bagi sebagian kalangan. “Inovasi Apel_Ku juga dapat memotivasi dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya bermanfaat sebagai bekal berwirausaha sebelum atau sesudah menyelesaikan studi,” ujarnya.

Ia mengatakan apel dipercaya dapat membunuh kutu beserta telur-telurnya karena dicdalamnya mengandung vitamin A, B2, B16, C, D, sodium, magnesium, serta zat besi. “Kalau ingin mendapatkan hasil maksimal, maka pergunakan ramuan ekstrak apel tersebut dengan cara disemprotkan langsung ke kulit kepala dan batang rambut yang masih kering,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya