SOLOPOS.COM - Ibnu Subiyanto (JIBI/Harian Jogja/dok)

Sleman (Solopos.com) – Mantan bupati Sleman, Ibnu Subiyanto saat ini tengah menyelesaikan sebuah buku berjudul Merapi, Mitos dan Marijan. Rencananya buku itu bakal diluncurkan akhir Oktober mendatang.

Ibnu Subiyanto (JIBI/Harian Jogja/dok)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditemui di LP Cebongan, Kamis (15/9/2011), terpidana kasus korupsi pengadaan buku yang tengah mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung ini mengatakan, buku tersebut menceritakan pengalamannya melakukan penanganan bencana erupsi Merapi 2006 silam. Secara tidak langsung, menurutnya isi buku tersebut menguliti kesalahan manajemen bencana yang dilakukan oleh Pemprov DIY maupun Pemkab Sleman dalam menangani bencana Merapi 2010.

Selain itu dia juga mengulas tentang berbagai mitos yang tumbuh di tengah masyarakat lereng Merapi. Menurutnya mitos itu memiliki banyak nilai yang berguna bagi harmonisasi kehidupan manusia di lereng Merapi. Selain itu dia juga mengulas tentang kedekatan hubungannya dengan sang juru kunci Merapi, Mbah Marijan. “Perlu melakukan pendekatan antropologi untuk memahami pola pikir masyarakat Merapi,” katanya.

Buku tersebut menurutnya tidak sepenuhnya ilmiah dan ditulis dengan gaya populer. “Target saya anak SMP bisa membaca dan mengerti tentang isi buku ini,” ujarnya lagi. Ibnu menambahkan, ia sekarang hanya mau mendedikasikan kehidupannya pada dunia riset ilmiah sebagai bentuk pertanggung jawabannya terhadap dunia intelektual, mengingat selama 10 tahun menjabar bupati, dunia riset ia tinggalkan. Dalam riset tersebut dia hendak menulis dua buah buku yakni Antropologi Kekuasaan serta Stagnasi Bangsa.

JIBI/Harian Jogja/mag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya