Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berkunjung ke Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kendal, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020). (Antara-I.C. Senjaya)

Solopos.com, KENDAL — Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, Jumat (24/1/2020), mengajak para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah  (UMKM) meniru model bisnis minuman warung kopi kekinian.

Langkah itu, menurut dia bisa menarik investor di luar lembaga keuangan dalam menyediakan modal. “Belakangan ini banyak investor dari luar yang bisa taruh uang puluhan juta dolar untuk bikin warung kopi,” kata Teten.

Pernyataan itu, ia sampaikan di sela-sela kunjungannya ke Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu. Menurut dia, ketertarikan investor untuk menanamkan modalnya itu disebabkan oleh model bisnis yang dibuat sedemikian rupa sehingga menarik pemodal.

Ia menilai sebagian besar UMKM yang ada saat ini bisnis modelnya tanpa desain. Oleh karena itu, lanjut dia, Kementerian Koperasi dan UKM sedang menyusun model bisnis yang memungkinkan pembiayaan dari bank maupun nonbank, termasuk modal ventura.

Ia menyebut banyak potensi UMKM yang bisa dikembangkan dengan bisnis model yang visibel tersebut. “Potensinya banyak, bisa soto, bakso, yang didesain. Bukan hanya kopi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten