Di Karanganyar, Tiap Bulan Ada 3 ASN Pensiun
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melantik dan mengambil sumpah jabatan 422 ASN di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (6/1/2020). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR--Jumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karanganyar yang pensiun rata-rata satu hingga tiga orang/bulan. Oleh karena itu, Pemkab Karanganyar akan rutin melakukan mutasi dan promosi jabatan struktural eselon III dan IV.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan hal itu saat berbincang dengan wartawan di ruang tamu kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (15/10/2020). Hari itu, Pemkab Karanganyar menata 69 orang pejabat eselon III dan IV. Pelantikan dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar pukul 14.00 WIB. Perinciannya adalah 61 orang pejabat eselon IV dan delapan orang pejabat eselon III.

Bupati menyampaikan alasan utama menata jabatan struktural di lingkungan Pemkab adalah sejumlah jabatan tersebut kosong karena pensiun. Salah satu jabatan yang diisi adalah Direktur RSUD Karanganyar. Jabatan itu semula diisi mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo. Posisi Direktur RSUD Karanganyar kini diisi Iwan Setyawan Adji.

Bantu Percepat Kesembuhan, Bupati Karanganyar Kasih Jamu Khusus Kepada Pasien Covid-19

"Karena kosong. Jabatan yang ini [ditata], memang kosong. Termasuk Direktur RSUD Karanganyar. Kami tidak ingin terlalu lama. Yang kosong segera diisi. Kalau terlalu lama [kinerja] kurang efektif, kurang lincah. Itu kosong rata-rata karena pensiun," ujar dia.

Promosi Sampai Akhir Tahun

Juliyatmono mengakui kekurangan pegawai struktural. Dia menyebut bahwa sejumlah kepala seksi (kasi) tidak memiliki staf. Tetapi, setelah mutasi pada Kamis itu, Juliyatmono mengaku seluruh posisi pejabat struktural sudah terisi. "Sekarang sudah diisi penuh. Kosong kan karena pensiun. Ada pejabat lama naik mengisi gerbong yang kosong [promosi]. Contoh, Sekretaris DP3APPKB dijabat Yuli Astuti. Dia pensiun. Itu harus diisi. Digantikan oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Titik Umarni. Posisi [yang ditinggalkan Titik Umarni] diisi Sugiharjo. Dia [Sugiharjo] promosi dari eselon IIIb ke IIIa. Seperti itu, sudah penuh ini," jelas dia.

Yuli, sapaan akrabnya, menyampaikan Pemkab Karanganyar masih akan melakukan mutasi dan promosi. Dia menyebut penataan pejabat akan kembali dilakukan akhir tahun ini. "Nanti pasti ada lagi mutasi. Desember itu sudah ada yang pensiun. Setiap bulan itu ada satu sampai tiga orang yang pensiun. Intinya kami harus lekas menata pejabat struktural yang pensiun supaya tidak mempengaruhi kinerja organisasi," tutur dia.

Menteri Pertanian Siap gelontorkan 10.000 Ton Pupuk Buat Karanganyar, Asalkan...

Dia berharap seluruh ASN di lingkungan Pemkab Karanganyar bekerja maksimal sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. Yuli memastikan Pemkab akan menempatkan orang sesuai kemampuan. "Sistem kepegawaian di BKPSDM sudah supercanggih. Yang kosong di mana, pejabat di situ siapa, kemarin ikut talent pool. Semua pejabat kan ikut [talent pool] untuk melihat potensi yang bersangkutan. Setidak-tidaknya dia disebut cakap atau potensi. Data itu yang tahu kami," ungkapnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom